PT SGMW Motor Indonesia baru saja memperkenalkan varian terbaru Wuling Almaz dengan 7 tempat duduk di Jakarta, pekan lalu. Mobil ini akan hadir secara resmi di pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 mendatang.

Hadirnya Wuling Almaz baru dengan kapasitas 7 tempat duduk, melengkapi varian sebelumnya yang hanya tersedia 5 tempat duduk. Sayangnya bagi konsumen Wuling Almaz terdahulu dengan 5 tempat duduk yang ingin menambah kapasitas angkutnya menjadi 7 tempat duduk bukanlah hal yang gampang.

Menurut Danang Wiratmoko, Product Planning dari Wuling Motors di Indonesia, ubahan dari 5 seat ke 7 seat butuh usaha yang besar karena adanya perbedaan pada platform dasarnya. Ubahan ini mengharuskan pengerjaan penggantian pada bagian lantai dek baris ketiga karena sangat berbeda model.

“Untuk itu butuh effort atau usaha yang cukup besar. Bila di varian 5 seater, bagian lantai dek-nya terdapat mangkuk tatakan ban cadangan, sementara pada model 7 seater lantainya model rata dengan penempatan ban cadangan di kolong,” tukas Danang.

Pengerjaan seperti ini memang butuh usaha dan biaya yang besar. Bahkan bila dinilai secara efisiensi nominal rupiah, nilainya sungguh tidak ekonomis.

Wuling Motors memang belum menginformasikan secara resmi harga dari Almaz varian 7 seater ini. Harga sebenarnya baru akan dipaparkan di pembukan pameran GIIAS, Kamis 18 Juli 2019 mendatang.