Setelah menguji sebanyak empat puluh dua model sepeda motor dari berbagai merek, Forum Wartawan Otomotif (Forwot) mengumumkan roda dua penyandang gelar “Forwot Motorcycle of The Year 2015” di Balai Sarwono, Jakarta, pada Kamis malam (22/10).

Dalam acara yang berlangsung guyub tersebut, terpilihlah sepeda motor matik Yamaha NMax sebagai pemenang. Yamaha NMax berhasil mengumpulkan nilai tertinggi, yaitu sebanyak 184 poin. Mengungguli kompetitor lainnya di lima besar, yakni Vario 150 ESP dengan 132 poin, CB150R Streetfire 133,5 poin, dan Sonic 150R dengan raihan 98,5. Tak lupa, motor penggaruk tanah dari Kawasaki, yaitu KLX 150 yang punya nilai 77 poin.

Penilaian dilakukan oleh tim juri yang terdiri dari para jurnalis dan menghabiskan waktu sekitar tiga minggu. Dinilai atas dasar pengetahuan serta pengalaman mereka dalam mengulas produk-produk otomotif. “Proses penjurian ‘Forwot Motorcycle of The Year 2015’ dilakukan oleh dua puluh lima juri yang telah mencoba empat puluh dua model sepeda yang diluncurkan sejak Oktober 2014 hingga September 2015. Dari situ terpilih lima besar,” jelas Ricky Setiawan selaku Ketua Dewan Juri.

Aspek yang dinilai antara lain ; performa mesin, pengendalian, teknologi, desin, serta harga. “Dengan harganya yang di bawah Rp30 jutaan, Yamaha NMAX punya teknologi pengereman Anti-lock Bracking System (ABS). Banyak teman-teman wartawan yang juga menilainya punya desain bagus,” tambah Ricky yang juga merupakan jurnalis dari situs Dapur Pacu.

“Forwot Motorcycle of The Year 2015” diharapkan bisa menjadi rujukan bagi masyarakat dalam memilih produk unggulan di pasaran. Dikatakan, bahwa ekonomi sedang melambat nyatanya rata-rata ada tiga sepeda motor baru yang mengaspal di jalan raya Indonesia setiap bulannya.

Forwot mengklaim bahwa pemilihan tersebut dilakukan secara independen. Penyelenggaraan kali ini merupakan kali kedua “Forwot Motorcycle of The Year 2015” dilaksanakan setiap tahun. Sebelumnya, acara serupa dilangsungkan dalam periode dua tahun sekali.