Skuter matik bongsor Yamaha TMAX-DX dikabarkan mengalami permasalahan pada bagian CVT dan kontrol unitnya (ECU). Dengan begitu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menarik kembali (recall) skutik bermesin 530 cc tersebut.

Dalam keterangannya, Yamaha menyebutkan recall dilakukan karena adanya masalah pada bagian belt CVT dan ECU. Belt adalah komponen motor yang berkaitan dengan transmisi sementara ECU berkaitan dengan fungsi kontrol.

Adapun Yamaha TMAX-DX yang teridentifikasi masalah ini adalah motor dengan nomor rangka JYASJ1450J0013801 – JYASJ1450J0016880.

Perbaikan atau penggantian komponen terkait permasalahan diatas merupakan tanggung jawab Yamaha terhadap konsumennya. Artinya konsumen tidak akan dibebankan biaya apapun untuk perbaikan ini.

“Sebagai wujud komitmen Yamaha Indonesia untuk memenuhi hak konsumen dalam mendapatkan produk berkualitas, kami mengajak para pengguna TMAX-DX dengan nomor rangka yang telah kami umumkan untuk segera datang ke dealer CBU resmi Yamaha terdekat dan melakukan penggantain komponen secara gratis guna mengoptimalkan performa sepeda motor,” jelas M. Abidin selaku GM CS Division (After Sales) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Konsumen Yamaha TMAX-DX yang teridentifikasi dari nomor rangka diatas dapat segera menyambangi bengkel CBU Shop, Sentral Yamaha dan Flagship Shop Yamaha terkait permasalahan ini. Yamaha juga menyebutkan bahwa proses pengerjaan akan memakan waktu sekitar satu jam.