Yamaha, pabrikan Jepang yang dikenal luas sebagai pabrikan motor dan alat musik ini ternyata memiliki rencana baru untuk memperlebar sayap produksinya. Baru-baru ini mereka dikabarkan akan terjun juga dalam dunia mobil.

Seorang juru bicara Yamaha, seperti dilansir dari Wall Street Journal, mengungkapkan hal tersebut sebagai sebuah langkah dari Kepala Eksekutif Hiroyuki Yanagi untuk membuat diversifikasi bisnisnya. Alasannya adalah banyak pengguna motor yang beralih menggunakan mobil
.
“Rintangan untuk memasuki industri mobil semakin menurun. Kendaraan berteknologi listrik pun semakin meningkat. Terlebih lagi hadirnya pemain-pemain anyar seperti Google Inc dan Apple Inc membuat pasar ini semakin nyata,” jelasnya.

Ditambahkannya, rencana Yanagi adalah menawarkan produk yang sanggup bermain di jalanan yang sempit. Mengacu pada teknologi motor yang sudah dikuasai Yamaha sejak lama, sebuh produk bernama MOTIV pun dikeluarkan untuk menjadi sebuah prototype.

MOTIV  sendiri adalah sebuah konsep yang dikenalkan oleh Yamaha pada 2013 silam. Berupa city car mungil dengan mesin kecil, tampaknya inilah yang akan menjadi acuan Yamaha untuk produk barunya.  Dirumorkan bila mobil Yamaha akan menawarkan tiga pilihan penggerak; motor listrik, sitem bensin elektrik dan mesin bensin 1,000 cc tiga-silinder.