Sekali lagi pabrikan otomotif China membuat sensasi dengan meluncurkan mobil listrik Youxia X, yang lahir dari startup Youxia Motors. Youxia X pertama kali diungkap kepada publik pada Minggu (26-07) dan menjadi mobil produksi pertama dari Youxia Motors.

Nama  Youxia adalah bahasa China Knight Rider, yang bisa dibilang terinspirasi dari serial televisi berjudul sama. Dalam serial tersebut, David Hasselhoff yang merupakan pemeran utama pergi menumpas kejahatan bekerjasama dengan mobil pintar KITT. KITT merupakan modifiasi dari Pontiac Trans – Am yang memiliki kemampuan berpikir dan berkomunikasi layaknya manusia sungguhan.

Menurut Car News China, Youxia X memang dibuat seperti KITT untuk bersaing dengan Tesla. Meski desainnya tidak terlihat sekedar “copy-paste” namun unsur-unsur khas yang ada dalam Tesla Model S hadir juga di Youxia. Sebut saja layar sentuh panjang di konsol tengah dan handel pintu khas Tesla.Eksteriornya sendiri bisa dibilang merupakan percampuran harmonis antara Audi, Maserati dan Lexus

Kelistrikan Youxia X berasal dari motor listrik berkekuatan 362 HP dengan torsi maksimum 325 lb-ft. Figur tersebut menawarkan jangkauan maksimal 137 kilometer melalui baterai berkapasitas 40 kWh. Dengan tambahan baterai, youxia X mampu melaju sejauh 205 kilometer jauhnya.

KITT versi China ini diperkirakan akan dibandrol sekitar 200 sampai 300 ribu yuan atau setara 432 juta rupiah. Sebuah angka yang tergolong murah di China untuk mobil listrik berperawakan elok dan berpenggerak listrik berjarak tempuh cukup jauh.