427Dragonsnake_1500

Terlahir dengan desain yang unik dan menarik langsung menjadikan Shelby Dragonsnake sebagai bintang yang bersinar terang di masanya. Selain terkenal sebagai mobil ujicoba untuk para jurnalis, muscle car ini juga sempat dipinjamkan ke MGM untuk berperan di layar kaca. Namun sejatinya, mobil dimaksud tidak menjadi bintang biasa.

Kembali ke 1962, nyaris tidak ada manusia di Negara Paman Sam yang tidak mengenal sang cobra. Setiap mobil produksi the Blue Oval boys yang diracik Carroll Shelby selalu laris manis tidak hanya di pasaran, namun juga kerap menghiasi podium balap. Tak kurang dari 289 kali Cobra mendominasi ranah adu pacu di Amerika. Meski begitu hal tersebut tidak membuat Carroll Shelby merasa tenang. Asupan tenaga dirasa lebih dibutuhkan agar tetap kompetitif. Hingga suatu ketika, 427 Cobra legendaris lahir sebagai jawaban atas batasan tenaga dari mesinFord 289 yang telah mencapai 380 hingga 390 dk.

Mengadopsi sasis CSX3198, besutan sirkuit tersebut dikenal sebagai sebuah monster. Tidak heran ada berita bila mengendarainya adalah sebuah pengalaman yang menegangkan. Salah satu momen yang tidak dapat dilupakan adalah ketika sang 427 Cobra diuji coba oleh Ken Miles untuk majalah Sports Car Graphic, Hasilnya mencengangkan! Kejumawaan Aston Martin dengan mobil balapnya yang sanggup mencapai 100mph dari titik nol sanggup dibungkam oleh Cobra 427. Menurut sang editor Jerry Titus, untuk akselerasi serupa si Cobra anyar ini mampu melahapnya hanya dalam waktu 13,2 detik!

Tidak mengherankan sebab secara gamblang racikan Shelby American telah sanggup memproduksi sebuah mesin V8 OHV berkekuatan 505 bhp. Dengan mesin terkuat di masanya, sebuah rekor fenomenal yang resmi sanggup ditorehkan di AHRA Winter 1964 di Arizona dengan rekor F/SSP dengan waktu 12.81 detik dan mencapai kecepatan puncak 108.95 mph.

Sayangnya, hanya ada satu 427 Dragonsnake yang telah dibuat sekaligus menjadi Cobra paling mahal yang pernah dibuat. Anda penasaran? Coba simak film Viva Las Vegas yang dibintangi Elvis Presler dan Ann Margret atau The Killers yang menampilkan Lee Marvin, Angie Dickinson dan Ronald Reagan. Menurut kami bukan aktor dan aktris dimaksud yang menjadi bintang, melainkan sebuah Shelby 427 Cobra CSX 3198 1966 Dragon Snake.