Melalui konferensi pers yang digelar, Selasa (2/2) di Jakarta, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) resmi mengumumkan waktu penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016 yaitu pada 11 – 21 Agustus mendatang. Lokasinya masih menggunakan gedung Indonesia Convention and Exhibition (ICE) yang berada di kawasan BSD City, Tangerang.

Berkaca dari GIIAS 2015, pihak penyelenggara telah melakukan evaluasi aspek-aspek penting. “Yang pertama adalah fasilitas publik karena pada GIIAS 2015 gedungnya belum selesai dibangun maka di tahun 2016 ini kami akan buat yang lebih baik,” jelas Andy Wismarsyah, Presiden Direktur Seven Events sebagai pihak yang dipercaya mengorganisir pameran.

Dalam hal ini, area pameran mendapat pelebaran 5.000 m2 yang akan diisi beragam fasilitas publik, seperti tempat istirahat, lokasi bermain anak, dan tempat makan. “Kemarin waktu rata-rata stay pengunjung adalah 3 – 4 jam nanti ditargetkan sampai dengan 4 – 5 jam,” sambung Andy. Dirinya manambahkan, masalah transportasi dan akses yang menghubungkan ICE ke tempat-tempat umum, seperti stasiun juga menjadi fokusnya.

Pada GIIAS 2016 hampir dipastikan sebanyak 33 merek otomotif ikut ambil bagian. Terdiri dari 26 merek kendaraan penumpang dan 7 merek kendaraan komersial. Tahun lalu, pameran ini berhasil mencetak total transaksi melebihi Rp5,7 triliun. Namun, begitu ditanya soal target tahun ini, Ketua Penyelenggara GIIAS 2016 Johnny Darmawan belum bisa menyebutkanya.

Dirinya memberi pengertian bahwa target-target seperti itu ada di tangan peserta pameran. “Masalah jualan itu target agen pemegang merek tugas kami hanyalah memfasilitasi,” katanya.