Nama Wuling semakin mencuat dalam beberapa waktu belakangan. Merek mobil asal China itu hampir bisa dipastikan akan ikut meramaikan pasar otomotif Tanah Air pada kuartal tiga 2017.

Keseriusannya sudah terlihat sejak sekitar enam bulan lalu saat PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia memutuskan untuk mendirikan fasilitas produksi di Bekasi, Jawa Barat. Total investasinya mencapai Rp9 triliun lebih.

Berikut ini kami rangkum fakta-fakta seputar rencana kehadiran Wuling di Indonesia :

Kesiapan Pabrik

Targetnya pabrik SGMW di Cikarang masuk tahap uji coba pada Mei 2017. Selanjutnya, fase produksi pertama direncakanan mulai berjalan dua bulan kemudian. Lalu, tepatnya pada Agustus 2017 Wuling akan mulai memasarkan produknya di Indonesia. Kapasitas produksi per tahunnya mencapai 150.000 unit. Menurut kabar yang beredar, nantinya komponen lokal mobil-mobil Wuling akan mencapai 50 persen.

Bermain di Segmen MPV

Terdapat dua produk yang disebut-sebut bakal menjadi andalan Wuling. Pertama, mobil Low MPV dengan basis Wuling Hongguang dan middle MPV yang berbagi platform dengan Baojun 730. Produk-produk tersebut laris manis di pasar Tiongkok. Tahun lalu MPV Wuling berhasil menguasai pangsa pasar hingga 47 persen, membuatnya sebagai MPV terlaris di sana. Di pasar China, Hongguang dibaderol 60.000 yuan atau sekitar Rp120 juta. Sementara Baojun 730 dibanderol 70.000 – 90.000 yuan atau sekitar Rp 140 – 180 juta.

Variasi Kapasitas Mesin

Melihat kecenderungan kapasitas mesin MPV di Tanah Air yang berkisar antara 1.000cc sampai 2,000cc, Wuling juga mempersiapkan mesin yang masuk ke dalam kelompok tersebut. Wuling akan mengadakan dua tipe mesin, yakni 1.500cc dan 1.800cc. Sebetulnya, Wuling juga memiliki mesin 1.200cc tetapi tidak menjadi pilihan untuk produknya di Indonesia. Kesemuanya akan menggunakan bahan bakar bensin karena Wuling tidak memproduksi mesin disel.

Fitur-fitur Istimewa

Dari sebuah ulasan media massa nasional, diketahui bahwa Baojun 730 yang akan menjadi platform Wuling di Indonesia memiliki fitur yang tak umum terdapat di sebuah Low MPV. Mobil itu dilengkapi dengan sunroof dan fitur semacam cruise control. Perangkat tersebut membuat mobil tetap stabil jika pengendara melapas pedal gas pada kecepatan 40 km perjam. Menambah kecepatan bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol plus. Fitur ini akan non aktif jika pengendara menginjak rem. Generasi terbaru mobil ini akan lahir dari pabrik Wuling di Bekasi.