Awak kabin atau air crew tentunya punya peranan penting di setiap penerbangan sipil. Selain bertugas menjaga keselamatan seluruh penumpang, awak kabin juga bertugas untuk memberikan kenyamanan kepada para penumpang sepanjang penerbangan.

Oleh karenanya dalam upaya menjaga kesiapan dan kenyamanan para awak kabin sebelum dan sesudah bertugas, maskapai Garuda Indonesia juga memberikan fasilitas terbaik bagi para awak kabinnya. Salah satunya lewat peremajaan armada operasional yang kesehariannya bertugas menjemput dan mengantar para awak kabin.

Kali ini, Mitsubishi Xpander dipercaya oleh perusahaan penerbangan sipil milik negara ini sebagai unit operasional dan transportasi (shuttle) yang seluruhnya akan beroperasi terhitung sejak hari ini, Selasa (11/12). Sebanyak 401 unit Mitsubishi Xpander bakal menggantikan armada sebelumnya yang sudah habis masa pakainya.

Dalam sebuah kesempatan handover atau penyerahan unit Mitsubishi Xpander antara PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) kepada  maskapai Garuda Indonesia, Direktur Utama Garuda Indonesia, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra menyebutkan kenyamanan dan keamanan adalah sebuah hal penting bagi para awak kabin sebelum bertugas. Hal ini berkaitan dengan kesiapan dan ketepatan waktu kehadiran para awak kabinnya sebelum bertugas membawa penumpang ke destinasi penerbangannya.

“Faktor utama kami beralih ke Mitsubishi Xpander tentu sejalan dengan prinsip Garuda Indonesia yang aman dan nyaman. Aman karena mobil ini lengkap dengan fitur keselamatannya dan nyaman karena Xpander punya kabin lapang yang bisa mengakomodir barang bawaan awak kabin,” jelas pria yang kerap dikenal dengan Ari Askhara ini.

Sebanyak 401 unit Mitsubishi Xpander yang Garuda Indonesia gunakan dalam kerjasama armada ini sebagian telah didistribusikan sejak dua bulan lalu.  Pada tahap pertama di Oktober 2018 sebanyak 119 unit Xpander telah beroperasi, kemudian di tahap ke-2 di Desember 2018 ini, sebanyak 282 unit Xpander telah diserahkan.

Peresmian serah terima unit ini dilakukan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dan dihadiri oleh Ari Askhara, Direktur Utama Garuda Indonesia dan Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI, juga disaksikan oleh Syahroni, Direktur PT Aerotrans Services Indonesia; Peng Suyoto, Presiden Direktur PT Bengkalis Kuda Laut, Jimmy S Wibowo, Direktur PT Universal dan Joe Surya, Presiden Direktur Nusantara Group. Berdasarkan urutan yang ada, seluruhnya adalah para masing-masing Business of Development (BOD) yang mewakili pihak pengelola jasa kendaraan operasional Garuda Indonesia, perusahaan rental Mitsubishi Xpander dan dealer resmi kendaraan penumpang Mitsubishi Motors.