PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berhasil menjadi pelopor di Asia Pasifik dengan mengekspor produk terbarunya yakni All New Kijang Innova dan All New Toyota Fortuner sebanyak 7.600 unit ke Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. All New Toyota Fortuner menjadi penyumbang terbesar dengan jumlah 5.700 unit, diikuti oleh All New Kijang Innova sebanyak 1.900 unit.

“Hal ini menunjukan bahwa kendaraan ini merupakan model global yang juga disukai di banyak negara. Kami sangat bangga bahwa Kijang Innova dan Fortuner made in Karawang bisa dinikmati bukan hanya oleh konsumen dalam negeri tetapi juga konsumen di pasar global,” ujar I Made Dana Tangkas, Direktor Korporasi dan Hubungan Eksternal TMMIN.

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN menegaskan kami ingin memastikan bahwa kebutuhan pasar domestik sudah terpenuhi sebelum melakukan ekspor. Ini merupakan langkah strategis kami sebagai salah satu basis produksi dan ekspor Toyota di kawasan Asia Pasifik.

Bukan hanya kendaraan utuh saja, TMMIN juga mengekspor kendaraan terurai (Completely Knock down/CKD) sebanyak 3.400 unit. Yang terdiri dari mesin utuh berbasis bensin tipe TR sebanyak 4.200 unit serta komponen kendaraan sebanyak 6,4 juta unit yang juga dilakukan sepanjang bulan Maret 2016 kemarin.

Sebagai catatan, TMMIN sudah ekspor kendaraan dan parts lainnya sejak 1987 silam, yang melibatkan 25 perusahaan logistik serta 135 pemasok komponen.