Beberapa kali kami Thegaspolcom menangkap banyaknya keluhan yang datang dari konsumen Mitsubishi Xpander terdahulu soal bantingan dan bunyi-bunyian berisik yang timbul saat ayunan suspensi bekerja. Baik lewat komentar di postingan sosial media maupun dari mulut pemiliknya sendiri.

Hal baiknya adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia atau MMKSI yang menggawangi pemasaran Xpander siap sedia menerima klaim dan sigap melakukan perbaikan secara gratis kepada konsumennya sepanjang masa garansi masih berlaku. Meksipun ini adalah hal yang wajar, namun perlu diberikan apresiasi.

Belajar dari pengalamannya terdahulu, pabrikan otomotif yang bermarkas besar di Pulomas, Jakarta Timur tersebut mendevelop komposisi suspensi baru pada New Xpander yang mereka luncurkan pada Senin 8 November 2021. Mobil ini telah dibawa oleh PT MMKSI ke panggung pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 untuk dipasarkan ke konsumennya.

Apa itu komposisi barunya?

Menurut Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Tetsuhiro Tsuchida dalam peluncuran New Xpander dan New Xpander Cross, peningkatan kualitas suspensi dan shock absorber, dilakukan dengan tuning terbaru, sehingga menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk pengendaraan yang lebih stabil di jalan yang kasar.

Ada beberapa langkah yang dimaksud dengan tuning atau penyetelan terbaru tersebut. Pertama, meski tidak dijelaskan secara gamblang namun kami menduga adanya penggantian pegas suspensi pada New Xpander. Dugaan ini berdasarkan adanya perbedaan ground clearance atau ruang kolong yang lebih tinggi sekitar 15mm untuk New Xpander, sementara New Xpander Cross tidak ada perbedaan ruang kolong dengan edisi sebelumnya karena tidak ada update suspensi. Diperkirakan komponen pegas suspensi yang digunakan oleh New Xpander sama dengan  Xpander Cross atau New Xpander Cross saat ini.

Sejauh ini kami belum mendengar adanya keluhan soal suspensi dari model crossover MPV bikinan Mitsubishi Motors tersebut. Sepanjang kami pernah mengujinya, ayunan suspensinya memang terasa lebih firm atau lebih tegas menghadapi guncangan. Tidak terlalu lembut, pun tidak terlalu keras.

Kedua, shock absorber. Mitsubishi Motors melalui Tsuchida san disebutkan bahwa kini shock absorber yang digunakan oleh New Xpander menggunakan model yang serupa dengan Mitsubishi Pajero Sport milik sisi belakang. Di sini maksudnya, shock absorber New Xpander menggunakan besaran diameter tabung yang serupa dengan shock absorber belakang Pajero Sport. Tentunya akan lebih optimal menerima beban kejut karena volume tekanan gas cair nitrogen di dalamnya lebih besar.

Selain dimensi tabung yang melar, katup tekanan yang ada di dalam konstruksi shock absorber-nya mengusung jenis katup performa tinggi. Peranti ini lumrah digunakan pada shock absorber mobil-mobil atau produsen shock absorber Eropa untuk meredam tekanan akibat beban kejut berlebih. Disinilah tercipta ayunan yang lebih tegas menyerap guncangan.

Efek domino dari penggantian suspensi baru New Xpander ini menciptakan right height yang lebih tinggi. Apalagi dengan penggunaan pelek standar berlingkar 17 inci dan ban berukuran 205/55. Tentunya menambah visibilitas berkendara di berbagai medan jalan namun tetap memberikan stabiitas yang optimal di jalan rusak maupun akurasi pengendalian di jalan halus, seperti jalan tol. Di lain sisi, pabrikan juga meningkatkan kekedapan kabin agar tercapai titik kesenyapan yang lebih tinggi. Sehingga menambah kenikmatan berkendara bagi penggunanya.

Semoga saja upaya yang dilakukan oleh para tim riset di MMKSI membawa kepuasan bagi para konsumen Xpander dan Xpander Cross baru dan meningkatkan kepercayaan konsumennya terhadap merek berlambang tiga berlian ini. Selamat tinggal keluhan suspensi.