Kerjasama antara Fabian Oefner, fotografer asal Swiss dengan Ferarri menghasilkan karya foto tak biasa di industri iklan otomotif. Dalam rangka pembuatan iklan varian anyar Ferrari Califonia T 2015, produsen mobil asal Italia itu harus rela mengorbankan satu unit supercarnya untuk dilumuri cat.

Pada karyanya kali ini, Oefner dituntut menciptakan foto yang menggambarkan filosofi California T. Dipilihlah konsep yang telah dipikirkannya sejak lama. Ia menggunakan cat untuk melumuri California T. Sementara prosesnya memanfaatkan blower dan pencahayaan yang sangat minim. Menghasilkan pola dinamis dari warna-warni cat UV yang membasahi sekujur tubuh supercar seharga Rp 2,4 Miliyar itu.

Sebelum melakukan eksekusi, Oefner bereksperimen dengan miniatur yang bentuknya mirip dengan objek sesungguhnya. Kesulitan terdapat pada penentukan kecepatan dan arah angin. Demi menciptakan pola yang menggambarkan kecepatan serta keseimbangan California T. Untuk mendalami konsepnya, Oefner bahkan sampai melakukan test drive berkali-kali untuk mencari ‘nyawa’ mobil tersebut.

California T sendiri adalah salah satu model Ferrari yang telah mengadopsi turbochager. Dibekali mesin 3855cc yang mampu menghasilkan power 552hp pada 7500 rpm, serta torsi 557 lb-ft pada 2750 rpm. Transmisi tujuh percepatannya didisain untuk ramah penggunaan harian.

Bagi Oefner, kerjasama ini akan memperkaya portofolionya. Proyek ini bukan kali pertama ia menciptakan karya berbau otomotif. Karya lainnya yang berjudul ‘Disintegrating’ menggambarkan ilusi ledakan pada Mercedes-Bens 300 SLR ’54, Jaguar E-Type ’61, dan Ferarri 330 P4 ’67.