Toyota All New Avanza dan All New Veloz resmi diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor tepat satu hari sebelum penyelenggaraan pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Mengusung platform yang benar-benar baru, Toyota benar-benar memberikan gebrakan baru pada mobil keluarga sejuta umat ini.

Peluncuran All New Avanza dan All New Veloz hari ini begitu penting bagi Toyota Indonesia, selain nama Toyota Avanza mampu melambungkan prestasi Toyota Indonesia di mata dunia sejak 2003 lalu, seremoni peluncuran ini bersifat World Premiere alias ini adalah kali pertama All New Avanza dan All New Veloz diperkenalkan juga untuk region Asia Pasifik.

Selain melayani konsumen dalam negeri, kedua Multi Purpose Vehicle atau MPV model global yang ini juga akan dinikmati oleh konsumen mancanegara. Oleh karenanya, meski keduanya dikembangkan dan dibuat atas kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia, All New Avanza dan All New Veloz juga dirancang untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen global dengan standar fitur kenyamanan, keamanan dan keselamatan tingkat dunia.

Menurut Vice President PT Toyota Astra Motor, Henri Tanoto, Avanza dan Veloz baru ini menyasar konsumen Indonesia dengan kebutuhan yang berbeda. Veloz hadir untuk konsumen yang mengedepankan emosional berkendara dengan kemewahan dan kelengkapan fitur sementara Avanza hadir untuk konsumen yang mencari partner mobilitas terbaik dengan mengedepankan utilitas berkendara.

Hilangnya gardan belakang yang bertransformasi menjadi kendaraan bermesin depan dengan gerak roda depan mutlak memberikan sensasi berkendara yang berbeda dengan model sebelumnya. Bisa dipastikan sudah tidak ada lagi suara dengung yang khas dari bagian kolong Avanz dan Veloz. Dengan begitu unsur kesenyapan dan kenyamanan bekendara jadi jauh lebih baik.

Selain perubahan struktur penggerak roda, pada platform yang benar-benar baru untuk Avanza dan Veloz ini membuat bobotnya berkurang mesti dimensinya melar. Di lain sisi, permukaan lantai kendaraan jadi lebih landai dan rata dengan maksud untuk menambah kelapangan ruang kabin dan menyempurnakan posisi duduk. Lagi-lagi, kenyamanan berkendara jadi lebih unggul.

Bagian kolong kendaraan juga dirancang lebih tinggi untuk memaksimalkan penggunaan di medan jalan yang tidak rata. Untuk All New Avanza, sebagian mengusung lingkar pelek 16 inci, sebagian lagi di varian rendah menggunakan pelek 15 inci. Sementara All New Veloz menggunakan pelek berdiameter 17 inci.

Sisi modern juga ditonjolkan pada bagian muka All New Avanza dan All New Veloz. Bahasa desain keduanya sudah mengadopsi gaya Toyota era saat ini dengan grill berbentuk trapesium besar dengan garis tegas menyatukan kedua lampu. Headlampnya meruncing dengan teknologi LED dan kehadiran DRL.

Pada bagian dasbor, desainnya tampil segar dengan bentuk modern yang mengingatkan pada produk Toyota seperti Raize. Head unit model floating dengan pengaturan AC digital menjadi bintang utama di dashboard ini. Terdapat fitur start stop button untuk kemudahan berkendara serta seatbelt warning untuk penumpang di depan maupun belakang.

Pada lingkar kemudi, terdapat tombol pengaturan audio untuk kenyamanan mengoperasikan head unit dari ibu jari kiri. Meter cluster hadir lebih atraktif dengan kehadiran layar TFT di bagian tengah yang menghadirkan beragam informasi kendaraan meski untuk putaran mesin dan kecepatan masih menggunakan model manual dengan penunjuk jarum.

Mesinnya menggunakan 1.5L 2NR-VE 1.496 cc dengan tenaga 106 ps pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.200 rpm. Varian 1.3 juga masih ditawarkan yakni dengan mesin 1NR-VE 1.329 cc yang menghasilkan tenaga 98 ps pada 6.000 rpm dan torsi 121 Nm pada 4.200 rpm. Pembaruan lain, Avanza sudah menyematkan transmisi CVT dengan sequintial manual mode.

Fitur keselamatan sudah menghadirkan ABS EBD dan BA yang dipadukan dengan rem cakram 15 inci di depan dan tromol di belakang. Rem tangan masih menggunakan tuas penarik, berbeda dengan Veloz yang mendapatkan Electric Parking Brake.

Beberapa fitur keselamatan lain adalah vehicle stability control, hill start assist yang hadir di varian E maupun G serta sensor parkir. Selain itu untuk varian G CVT teratas mendapatkan fitur Toyota Safety Sense (TSS) yang terdiri dari pre collision system, front departure alert, lane departure asssit, pedal misoperation control, rear crossing traffic alert, serta blind spot monitoring. Avanza tidak mendapat adaptif cruise control seperti pada model Toyota dengan TSS lainnya.