Setelah di gelaran Bangkok International Motor Show tahun lalu para kuli tinta diberikan teaser konsep Ford Everest terbaru. Akhirnya tahun ini jawaban dari penantian yang sudah lama ditunggu para pecinta SUV Ford ini terjawab. Ya, walau secara desain tahun lalu dan tahun ini ada yang meleset sekitar 25%, terutama di wajah depan dan beberapa detail bodi dan interior. Namun secara umum bentuknya jauh lebih gagah dan tampan ketimbang wujud konsep tahun sebelumnya.

Secara umum, bagian grille depan menunjukkan aura tegas dan gagah. Bentuk bodi berotot ala mobil lansiran negeri Paman Sam lebih terasa. Imbuhan DRL (daytime running lights) di bagian depan jelas menjadi standart mobil modern saat ini.

Everest generasi ketiga inimengusung konsep body-on-frame yang dianggap ampuh untuk menhadapi medan berat. Ground clearance 225 mm, yang dimiliki tentu membuat mobil ini percaya diri menempuh segala medan seperti saudaranya – Ford Ranger.

Mobil yang akan dilepas ke pasar lokal, Australia, Afrika Selatan dan Negara persemakmuran Inggris ini menawarkan dua pilihan mesin tiga pilihan mesin. Duratorq 3,2 liter TDCi lima-silinder dengan tenaga 147 kW dan torsi 470 Nm. Pilihan kedua diesel 2,2 liter TDCi 4-silinder bertenaga 118 kW dan torsi 385 Nm.

Untuk pasar Thailand, Everest dilepas pada kisaran Rp.500 jutaan hingga Rp. 630 jutaan pada tipe termewah