KIA Carnival atau KIA Sedona (sebutan di beberapa negara) adalah sebuah luxury MPV yang memliki pamor di era 2000an. Mobil ini termasuk slah satu model KIA yang paling laris di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dalam perkembangannya, KIA Carnival atau KIA Sedona terus berevolusi untuk menarik minat konsumennya. Model paling akhir, MPV yang kini menggunakan satu nama, KIA Sedona ini diperkenalkan pada Agustus 2020 silam di Korea Selatan. Tahun ini, KIA Sedona yang telah memasuki empat generasi tersebut mulai dipasarkan di benua Amerika dengan identitas All New KIA Grand Sedona.

KIA Motors menyebutkan bahwa All New KIA Grand Sedona generasi terakhir ini merupakan model global dari KIA untuk di setiap negara.

Di Indonesia sendiri, KIA Grand Sedona model sebelumnya atau generasi ketiga juga dipasarkan oleh Agen Pemegang Merek KIA sejak masih ditangani oleh PT KIA Motors Indonesia hingga peralihan ke PT Kreta Indo Artha.

Sementara untuk generasi keempat ini, KIA Indonesia melalui penyalurnya masih belum menunjukan tanda-tanda soal kepastian peluncuran All New KIA Grand Sedona.

Melalui Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo, menyebutkan bahwa KIA sudah merencanakan akan meluncurkan beberapa model baru di tanah air sepanjang 2021. Namun pihaknya tidak menjelaskan secara detil soal model apa saja.

Apakah All New KIA Grand Sedona jadi salah satunya? Kita tunggu saja.