Produsen alat hiburan dalam mobil terus mengembangkan inovasinya demi menciptakan sebuah produk yang revolusioner. Jika sebelumnya tayangan dalam mobil terkendala kualitas gambar yang tak jernih, kini di era digital konsumen dengan mudah dapat menikmati tayangan televisi berkualitas dengan gambar yang tajam lewat produk terbaru Digital TV Tuner dari Asuka.

Peranti yang mengadopsi teknologi Digital Video Broadcasting Terrestrial generasi kedua (DVB-T2) ini di klaim sebagai teknologi paling mutakhir dalam perkembangan penyiaran televisi dengan format digital. Teknologi ini diadopsi oleh Asuka Autotronics Inc, sebagai pabrikan In Car Entertainment (ICE) system di produk terbarunya HR-630.

Pemancar televisi digital ini pun juga memiliki fitur mutakhir yang dengan mudah terkoneksi pada sistem hiburan bawaan mobil belakangan ini. Seperti dapat terhubung dengan Steering Wheel Control Button, koneksi Mirror Link atau Miracast pada smartphone hingga konektivitas HDMI untuk jaringan internet dari ponsel.

Erik Lim, Direktur Utama PT Intersis Sejahtera Abadi menyebutkan banyak keuntungan dari adanya signal digital DVB-T2 dibanding sistem analog. Diantaranya adalah kualitas penerimaan gambar dan suara yang jauh lebih jernih dan jelas, meski dalam keadaan bergerak.

“Dengan teknologi DVB-T2 ini juga para lembaga penyiaran dan stasiun televisi mendapatkan keuntungan dengan rendahnya biaya operasional penayangan. Sehingga peluang pengembangan konten lokal lebih mudah terbuka,” tambah Erik.

Produk lansiran Taiwan yang di banderol seharga Rp 4,5 juta ini dapat mendeteksi hingga 80 saluran siaran televisi swasta lokal di setiap daerah yang dilintasi. Dengan begitu, penumpang dalam kabin dapat langsung menikmati 32 stasiun televisi swasta tanah air dengan gambar yang berkualitas, tanpa perlu berlangganan.

Dengan penggunaan sirkuit dan desain perangkat lunak yang tertanam dalam HR-630, Asuka menjamin kejernihan penerimaan gambar yang terus terjaga sepanjang perjalanan. Bahkan hingga mencapai batas kecepatan maksimum jalan bebas hambatan di 100 Km/jam.