Kabar terbaru datang dari produsen mobil asal Jepang, Toyota. Karena telah memiliki basis produksi yang baik berkat pengoperasian pabrik mereka di Karawang. Toyota langsung memberikan bukti nyata dengan rencana penambahan 1 unit mobil LCGC (Low Cost Green Car) yang akan meluncur setelah lebaran atau awal Agustus nanti.

Meskipun tren LCGC tidak sebaik tahun lalu. Tapi dengan pilihan yang lebih beragam, PT Toyota Astra Motor (TAM) berharap dapat menjual mobil barunya dengan lebih mudah dengan segala keunggulannya. Meski belum pasti, nama yang sudah santer beredar dikalangan pewarta berita adalah Toyota Cayla, dan kehadirannya akan menawarkan nama desain baru “Keen Look”.

Dibuat satu dapur dengan mesin Toyota Sienta yang menggunakan kode NR, Toyota Cayla akan dibekali mesin 1.2 liter 3NR-FE yang berteknologi Dual VVT-I produksi dalam negeri. Dari teaser yang beredar, model MPV murah 7-penumpang ini memang mirip dengan Avanza, pantas di dunia maya netizen menyebutnya sebagai adik Avanza.

Untuk memberi kesan produksi dalam negeri, Toyota siap memasangkan emblem logo garuda, seperti yang banyak terpasang di logo depan mobil Agya. Meskipun Toyota masih menutup rahasia ini sampai waktu peluncurannya nanti. Namun kami sudah dapat memprediksi bahwa harga yang ditawarkan Toyota Cayla akan berkisar di angka Rp 130 – 150 juta. Mengingat perhelatan Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) akan berlangsung 11 Agustus nanti, bukan tidak mungkin Cayla akan mengambil panggung perdananya di sana. Kita tunggu saja kehadirannya.