Problematika yang terus bergulir mengenai perkembangan kendaraan listrik adalah kapasitas tampung baterai yang harus terus ditingkatkan. Beragam pabrikan pun berlomba keras untuk membuat baterai yang mampu menampung banyak listrik namun tetap eifisen. Namun di atas semuanya, pernahkan berfikir tentang sebuah hal yang berbeda?

Baru-baru ini produsen ban asal Amerika, Goodyear telah mengeluarkan sebuah konsep unik BH03. Diungkap di Geneva Motor Show, konsep ini dibuat dengan material thermo-piezoelektric yang mampu mengubah panas menjadi energi. Hal inilah yang digunakan untuk mengisi baterai dari gesakan antara ban dengan aspal.

Selain melalui gesekan, material thermo-piezoelektric juga mampu menampung panas saat parkir. Dengan adanya ini baik berjalan maupun diam kendaraan pun masih tetap mendapat asupan tenaga yang cukup.

Meski dinilai revolusioner, belum ada rencana bagi Goodyear untuk merilis konsep ini. Meski begitu pabrikan berkomentar bila inilah masa depan dari teknologi otomobil. “Kami memiliki pandangan dimana produk kami akan menjadi lebih terintegrasi dengan kendaraan dan konsumen, lebih ramah lingkungan dan serbaguna,” papar Joe Zekoski, wakil presiden senior dan chief technical officer Goodyear, seperti dikutip dari DailyMail.