Pernahkah membayangkan bila mobil Anda bisa cari parkir sendiri? Segeralah terbang ke TU-Automotive Detroit Conference di Amerika Serikat pekan ini dan lihatlah bagaimana pabrikan BMW memamerkan solusi parkir pintarnya yang bernama Dynamic Parking Predication.

Fitur yang akan tertanam pada sistem ConnectedDrive ini memudahkan pengemudi menemukan titik parkir yang kosong di jalan dengan sistem pintarnya. Penyebabnya adalah keluhan dari masyarakat di negara-negara maju, terutama di kota besar Eropa dan Amerika, yang kesulitan menemukan titik parkir pada jam-jam sibuk. Caranya adalah dengan melibatkan data real-time dan sistem pelacakan langsung bekerjasama dengan perusahaan layanan teknologi lalu lintas INRIX.

“Dynamic Parking Prediction bekerja berdasarkan map digital, alogaritma prediksi lokal dan data parkir yang didapatkan dari armada kendaraan. Aplikasi ini pun segera mengkalkulasi opsi parkir yang ada dalam area-area yang telah kosong,” jelas Martin Hauschild, Head of Traffic Technology and Traffic Management BMW Group.

Dikatakan bila fitur ini akan lebih efektif dibandingkan sistem yang berkeliling secara acak dari blok ke blok mencari titik parkir. Dynamic Parking Prediction akan berkerja mengkalkulasi data pemakai tempat yang sudah pergi dan para pencari tempat di area tersebut. Tentunya hal ini akan sangat berguna dalam menghilangkan kepenatan pengemudi dalam jam-jam sibuk dimana para komuter berlomba-lomba mencari area yang lowong.

“Kami memulai dari dasar yang tepat. Kami bertujuan untuk melanjutkan ini sebagai standar kendaraan urban di masa depan,” tutup Martin.