Katakanlah Anda punya anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk belanja motor. Angan-angan berkata ingin sebuah motor klasik yang bisa diajak jalan jauh, tapi ogah repot soal perawatannya karena usia pakai. BMW R18 Classic ini mungkin jawaban untuk Anda.

Harganya sesuai dengan anggaran Anda, Rp 1,069 miliar (off the road), modelnya klasik tapi keluaran terbaru. Artinya motor cruiser atau touring bertampang klasik ini siap dibesut kapan saja tanpa memikirkan perawatan dalam waktu dekat akibat usia pakai.

BMW Motorrad memang membawa ambience BMW R18 Classic ini sebagai cruiser heritage di jajaran modelnya yang menonjolkan kesan motor peturing sejati dengan gaya retro. Seperti model sebelumnya, R18 First Edition yang berpanutan kepada style ikonik sang legenda BMW R 5 di era tahun 1936-an, varian R18 Classic ini mendapatkan tambahan peranti khas turing sebagai komponen standar.

Yakni, Windshield depan berukuran besar untuk menghalau terpaan angin ke wajah, jok untuk penumpang belakang sebagai opsional, tas samping atau saddle bag, lampu depan tambahan LED dan pelek depan berdiameter 16 inci berbalut ban 130/90.

Seperti adik pendahulunya, yaitu R Nine T, seluruh komponen tambahan ini dapat dilepas dan di tambah bahkan di kastem sesuai kebutuhan atau keinginan sang pengendara.

Menurut Joe Frans, CEO BMW Motorrad Indonesia, BMW R 18 Classic terlihat lebih besar dari R 18 First Edition,  kesan moge nya bener bener dapat. Saya rasa bagi yang menginginkan citarasa nyaman, safety, style jadul, tetapi dengan teknologi yang tinggi, ini pilihan tiada duanya. Truly an icon to own.

Sementara peranti dan fitur-fitur lain serupa dengan varian BMW R 18 First Edition tersebut. Tampilan eksklusif tanpa menghilangkan sisi ‘lawasnya’ ditunjukkan balutan warna hitam yang mendominasi plus kelir putih pada tangki.

Konfigurasi warna elegan ini semakin apik dipadu dengan aksen krom di beberapa komponen serta emblem ‘First Edition’ pada penutup samping. BMW Motorrad pun mampu memadukan visual masa lampau dengan terknologi terkini pada fitur-fitur yang dipasangkan.

Sesuai dengan filosofi BMW Motorrad, kenyamanan selama berkendara diwujudkan melalui sandaran kaki yang membuat kaki pengendara tidak cepat lelah. Posisi footrest tepat di belakang silinder,membuat posisi duduk menjadi ergonomis.

Sementara dari sektor performanya, mesin ‘Big Boxer’ dua silinder berkapasitas murni 1.802 cc. Konfigurasi ini memiliki tenaga 91 hp pada 4.750 rpm dengan torsi puncak 150 Nm direntang putaran 2.000 – 4.000 rpm. Kecepatan puncak yang dapat diraih BMW R 18 mencapai 180 km/jam, dengan tingkat konsumsi bahan bakar sebesar 17,9 km/liter.

BMW R 18 Classic menawarkan tiga mode berkendara standar, yaitu “Rain”, “Roll”, dan “Rock”. Masih ditambah lagi dengan fitur Automatic Stability Control, MSR dan Integral ABS.