Kabar buruk bagi para penggila kecepatan yang menanti ajang Bonneville Speed Week tahun ini. Sama halnya seperti tahun lalu, Southern California Timing Association (SCTA) menunda event adu kencang ini untuk kedua kalinya dikarenakana alasan lintasan garam yang tidak memadai di Salt Flats, Utah, Amerika Serikat.

Menurut sumber lokal yang dapat dihubungi, ada lumpur sepanjang 9.6 Km menutupi area yang biasa dibuat menjadi lintasan. Hal itu dikarenakan lapisan tipis dan bahkan hancur di sekitarnya membuat lumpur timbul di permukaan dan menutupi area lintasan.

Roy Creel, ketua dari Bonneville National Inc., selaku badan penyelenggara Speed Week bahkan sudah turun ke lapangan pada 21 Juli untuk mencari lintasan lain. Sayangnya hanya ditemukan 3.6 km area yang sanggup dipakai, sementara panjang minimal yang diperlukan adalah 4.8 km.

Padahal menurut data, sebanyak 600 pebalap sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti event bergensi ini. Mereka terdiri dari pengguna kendaraan-kendaraan unik yang terdiri dari hot rod, roadster, belly tanker, lakester, sepeda motor dan bahkan truk diesel. Semuanya bernafsu untuk dapat mencatatkan nama mereka dalam daftar pemecah kecepatan. Sayangnya semua harapan tersebut pupus di tahun ini.

SCTA pun bertindak adil. Mereka mengatakan bila semua dana yang telah disetorkan akan dikembalikan dan berharap event selanjutnya akan dapat diadakan di Salt Flats ketika kondisi lansekap tersebut sudah normal seperti sedia kala.