Pandemi membuat gelaran Kustomfest melakukan gerakan dengan cara menyambangi teman teman pegiat dunia kustom di beberapa kota. Bahkan ditahun lalu gelaran online dan offline turut dihadirkan untuk teman teman pecinta otomotif di tanah air.

Dan akhirnya Kustomfest 2022 bisa berlangsung secara offline di Jogja Expo Center, Yogyakarta pada (1-2/10). Indonesia Kustom Kulture Festival kini menjadi barometer bagi para builder di Indonesia.

Sejak Agustus 2022 sambutan pegiat dan pehobi otomotif sangat antusias, hal ini terbukti dengan banyaknya pendaftaran karya ke tim kurasi Kustomfest.Tahun ini KUSTOMFEST hadir dengan “We’ll Be Back”, jargon ini merupakan mencerminkan bentuk eksistensi menghadapi situasi pandemi yang berlangsung dari awal 2020 lalu.

Tema ini menjadi penanda kebangkitan dan juga nada optimis bahwa semua akan kembali normal kembali terlepas dari masa pandemi yang melanda sekitar tiga tahun belakangan ini. Lulut Wahyudi, Director Kustomfest mengatakan di tahun ini kualitas dari peserta meningkat karena proses seleksi yang dilakukan oleh tim tahun ini lebih ketat dari sebelumnya sehingga bisa dipastikan karya yang akan dipajang nantinya adalah karya baru dan belum pernah ditampilkan di acara lainnya.

“KUSTOMFEST selalu membawa semangat pergerakan dunia kustom kulture Indonesia dengan menjadi sebuah wadah bagi builder builder tanah air. Tahun ini KUSTOMFEST hadir dengan tema “We’ll Be Back” yang secara harfiah menyiratkan kembali bergeloranya dunia kustom kulture Indonesia setelah hampir 3 tahun kita tidak bisa berkumpul,” ujar Lulut.

Menariknya di tahun ini ada 2 konten yang berbeda, pertama adalah builder Jepang sebagai VIP Guest turun gunung dengan membawa karya karya terbaik mereka yang tentunya sudah mendunia. Seperti Luck MC builder kenamaan Jepang akan membawa motor “Shirley Junior” berbasis H-D FLH 1969 milik bassis eksentrik band Red Hot Chili Pepper.

Mr. Flea, Custom Works Zon juga akan membawa “Huracan” yang dibangun dari H-D Twincam 2021, Kaichiroh Kurosu dari Cherry’s Company membawa karya “Highway Fighter” dari BMW RNineT 2014, Cheetah Custom Cycles salah satu penggerak flat track di Jepang akan mengirimkan “The Comet 45” H-D WL 45ci.

Sure Shot salah satu builder ternama dari Jepang juga mengirimkan motor “DST” sebuah motor H-D Dyna 1997 yang menjadi motor The Best of Show Mooneyes Hotrod Custom Show. Tidak ketinggalan Mooneyes Company juga akan mengirimkan mobil legendaris “Moon Bug” sebuah VW Type 1 Dragrace 2300 cc.

Menariknya lagi Kustomfest juga menyediakan lahan untuk para pebalap Flattrack yang akan unjuk gigi dilintasan balap serong kiri ini. Kustomfest 2022 nantinya juga akan terdapat beberapa display mulai dari motor kustom, mobil Hotrod, Sepeda Kustom dan juga berbagai apparel dan aksesoris mulai dari T Shirt, Jaket, Helm sampai ke part-part motor yang bisa didapatkan di area JEC yang berdiri di lahan kurang lebih 2,5 hektar.

“Membaiknya situasi kali ini kami harapkan bisa menjadi titik terang bagi pelaku dunia kustom Indonesia untuk tetap bisa eksis dan kami berharap di KUSTOMFEST ini bisa menjadi salah satu ajang yang tetap menjadi barometer perkembangan dunia kustom Indonesia!” tutup Lulut.