Pasar sedan midsize masih tergolong ramai di Amerika Serikat (AS), selain Honda sedang bersiap melincurkan Accord terbaru akhir bulan ini, Toyota juga sedang mempersiapkan kehadiran Camry terbaru di akhir musim panas tahun ini. Artinya, sekitar Oktober atau November, masyarakat negeri Paman Sam sudah bisa menikmati sedan Jepang ini.

Sebagai sedan terlaris Toyota selama lebih dari satu dekade akhir, Toyota Camry generasi terbaru hadir dengan serangkaian ubahan yang membuatnya terlihat futuristik. Selain tampilannya yang baru, sektor keselamatan penumpang juga menjadi konsentrasi baru Toyota AS.

Generasi kedelapan Toyota Camry menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture)  yang juga telah digunakan pada beberapa model seperti Prius dan C-HR. Dengan teknologi ini maka Camry memiliki struktur body yang lebih kaku 30% dari sebelumnya dan wheelbase yang melar 49,26 mm. Otomatis sektor pengendalian diklaim jadi lebih baik dan kabin menjadi sedikit lebih lapang.

Sebagai sumber penggerak, Camry generasi terbaru di pasar AS memiliki tiga pilhan mesin. Pertama, mesin empat silinder 2.5-liter ‘Dynamic Force Engine’ yang dilengkapi dengan dual VVT-i direct injection bertenaga 206 dk dan torsi 252 Nm.

Ingin lebih bertenaga, ada pilihan mesin V6 berkapasitas 3.5-liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 301 dk dan torsi 362 Nm. Bila mencari kehematan bahan bakar, ada opsi mesin empat silinder 2.5 liter yang mengaplikasikan motor listrik atau hybrid (Toyota Hybrid System II) bertenaga 176 dk dan torsi 220 Nm.

Masing-masing sumber tenaga tersebut tersedia dua pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatik 8-percepatan. Khusus varian hybrid, Toyota AS hanya akan memasarkan Camry dalam pilihan transmisi otomatik 8-percepatan.