Untuk melalui jalur berlubang dan rusak langkah yang pertama harus kalian lakukan adalah menurunkan kecepatan agar mudah mengontrol dan tidak tergelincir. Kondisi seperti ini bisa sangat berbahaya ketika Anda tidak memiliki teknik dasar atau minim akan pengalaman.

Hal lainnya yang harus diperhatikan ketika melalui jalanan rusak. Pastikan ketika melewati jalanan tersebut pengendara harus berada dalam keadaan kecepatan yang sesuai dengan kondisi jalan, tujuannya untuk mengurangi guncangan yang diterima oleh motor dan badan pengendara. Jika guncangan yang diterima terlalu besar, kemungkinan seorang pengendara mengalami kecelakaan semakin besar.

Lebih lanjut Ludhy mengatakan apabila kecepatan sudah sesuai dan guncangan pada motor tidak berbahaya, penglihatan juga harus fokus pada arah tujuan kita ketika berkendara. Kemudian pastikan kendali stang lebih kuat agar sepeda motor kita bisa terkendali dengan baik ketika melewati jalan yang rusak.

“Jangan sampai lepas kendali karena akan menjadi lebih sulit mengontrol dan guncangan yang diterima oleh tangan kita juga akan lebih kuat,” ucap Ludhy.

Ketika berada di kecepatan rendah, melewati kondisi jalan yang rusak sangat tidak disarankan untuk menggunakan rem depan namun bisa menggunakan rem belakang. Penggunaan rem belakang bisa mengurangi resiko low slide atau tergelincir ketika sedang bermanuver di jalan berbatu atau berpasir.

Gunakan selalu kecepatan yang rendah dalam keadaan jalan seperti ini dan selalu melihat speedometer untuk menjaga kecepatan kendaraan kita agar tetap dalam batas kecepatan wajar.

”Jangan lupa untuk selalu menggunakan riding gear yang aman dan nyaman agar mengurangi resiko cidera ketika mengalami kecelakaan, sebelum kita berkendara, pastikan bahwa kita menggunakan selalu helm, jaket dan masker saat berkendara untuk selalu #Cari_Aman,” tutup Ludhy.