Ada aturan menarik baru bagi pesepeda motor di India yang sepertinya cocok untuk diterapkan di Indonesia. Melansir dari Times of India, Departemen lalu lintas distrik Varanasi, New Delhi yang berkolaborasi dengan Varanasi Petroleum Dealers Association menetapkan aturan No Helmets, No Fuel sejak Minggu, (28/5) lalu.

Artinya bagi siapa saja masyarakat pengguna roda dua yang ingin mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di kota setempat wajib menggunakan helm saat memasuki area SPBU. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya fungsi pelindung kepala saat bermotor dan menekan angka korban kecelakaan roda dua yang sangat tinggi di India.

Bila masih nekat datang ke SPBU dengan tidak mengenakan helm, bisa dipastikan konsumen tersebut tidak akan dilayani untuk mengisi bahan bakar ke tangki motornya. Sejumlah kamera CCTV juga digunakan untuk memantau konsumen yang masih melanggar aturan tersebut untuk ditindak lanjuti melalui sebuah sanksi.

Kepala Kepolisian Distrik setempat, Suresh Chand Rawat menjelaskan, aturan ini diberlakukan agar masyarakat taat hukum. Selain itu, polisi juga sengaja dikerahkan untuk berjaga, jika terjadi keributan antara pengendara motor dan staf SPBU.

“Staf pompa bensin sudah kami minta untuk tidak memanjakan pelanggan yang tidak pakai helm. Bagi mereka yang melanggar, akan dikenai hukuman” tambah Rawat.

Di Indonesia, kesadaran para pengguna sepeda motor akan pentingnya memakai helm juga terbilang masih minim. Atas nama dekat dari tempat tinggal, biasanya pemotor di tanah air enggan menggunakan pelindung kepala yang benar sesuai dengan standar keselamatan berlalu lintas.