Dunia drifting memang mengasyikan untuk dijalani. Pacuan adrenalin yang tinggi dengan riuhnya teriakan penonton yang sayup-sayup terdengar memang tiada tandingannya kala memacu mobil melewati rute-rute yang ekstrim. Namun, apakah kesenangan tersebut dengan keselamatan sepadan?

Menurut Akbar Rais yang telah lama berkompetisi di dunia drift nasional, dia berujar bila keselamatan itu nomer satu. Tidak peduli mobil yang kamu pakai itu keluaran paling baru sekalipun, faktor keamanan harus menjadi yang paling diunggulkan. “Safety is no.1,” ujarnya di sela-sela konferensi pers Achilles Drift, Sabtu (25/4)

Maka dari itu kepada para pebalap pemula yang ingin terjun di dunia drift, Akbar menyarankan untuk selalu memperhatikan unsure keamanan di atas segalanya. Mulai dari rangka, ban, velg sampai ke rollcage. Jangan sampai demi mengejar penampilan mobil keselamatan yang dikorbankan.

Isu tentang keselamatan ini timbul setelah mendengar cerita tentang kawan-kawan drifter di Surabaya yang kerap melakukan aksi drifting namun tanpa diimbangi dengan fasilitas pendukung keselamatan yang memadai.

Memang mobil-mobil mereka tergolong baru seperti Toyota FT86 dan Mazda RX8 namun mereka kerap mengabaikan hal-hal krusial seperti rollcage. “Pemula itu tidak usah terlalu bernafsu. Keselamatan adalah hal yang paling penting,” tutup akbar yang juga ketua dari Mslide Project.