Jelang berlangsungnya balapan perdana di Sirkuit Internasional Mandalika, 19 – 21 November mendatang, BMW Group Indonesia siapkan dua unit Official Mobility Partner pengawal balapan. Dua BMW bermesin hybrid ini akan menjalankan tugas perdananya sebagai safety car pada kompetisi Idemitsu Asia Talent Cup dan Motul World SBK 2021 dua pekan mendatang.

Penyerahan dua armada dinas BMW kepada Mandalika Grand Prix Association selaku pengelola sirkuit dilakukan di Kantor Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Senayan, Jakarta. Vice President of Sales and Network Development BMW Indonesia, Bayu Riyanto menyerahkan dua unit BMW 330e M Sport dan BMW X3 xDrive30e kepada Head of Operations MGPA, Dyan Dilato.

Menurut Bayu Rianto, dua unit kendaraan BMW yang akan digunakan sebagai safety car ini merupakan sebuah komitmen dari BMW Indonesia untuk mendukung perkembangan motorsport di Indonesia.

Dalam momentum penyerahan ini, Dyan Dilato berujar bahwa  penggunaan kendaraan yang mumpuni, dengan teknologi mutakhir, plus ter-elektrifikasi tentu menjadi nilai tambah bagi kami baik secara operasional maupun memajukan konsep sustainability di setiap kegiatan MGPA.

Kedua armada dinas BMW ini menggunakan sumber pacu yang sama, yakni 4 silinder 2.0 liter Turbocharger yang dipasangkan dengan motor listrik berteknologi pengisian Plug In Hybrid Electric Vehicle atau PHEV. Tenaganya, 252 dk dan torsi 420 Nm pada BMW 330e M Sport, sementara BMW X3 xDrive30e memiliki tenaga puncak 292 dk dan torsi 420 Nm. Lebih dari cukup untuk mengawalnya berdinas di sirkuit balap baik saat mengawali balapan, hujan dan insiden tertentu.

Selain untuk digunakan pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup dan Motul World SBK 2021 dua pekan mendatang, rencananya safety car BMW ini juga akan mengawal jalannya lomba pada ajang MotoGP 2022 yang telah diagendakan pada Maret 2022 mendatang. Kerjasama antara BMW dan MotoGP sendiri sudah terjalin sejak 1999 silam.

Well, selamat bertugas untuk BMW 330e M Sport dan BMW X3 xDrive30e.