Di era semakin banyaknya kendaraan berseliweran di jalan, tentunya turut mendorong semakin menjamurnya tempat cucian mobil ataupun motor. Coba Anda perhatikan, baik di depan kompleks perumahan ataupun di jalan raya, jumlah pengusaha cuci kendaraan terus bertambah.

Metode yang digunakan tentu beragam. Mulai dari cuci cepat, cuci hidrolis hingga cuci yang mendetail disuguhkan kepada konsumen. Tujuannya satu, membuat kendaraan jadi bersih untuk mencapai tingkat kepuasan tertentu berdasarkan harganya. Istilahnya, ada harga tentu ada rupa.

Namun ada yang berbeda dari sebuah tempat cuci kendaraan di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan dan ini cukup menarik. Tempat cuci mobil bernama Garasi Oase ini betul-betul memperhatikan kualitas air dan shampoo yang digunakan untuk konsumennya.

Dalam sebuah rumus kimia, air yang sehat adalah air yang memiliki kadar asam dan basa seimbang alias netral. Rumusan terhadap asam dan basa pada air ini menggunakan hasil pH dengan nilai 7 atau disebut pH 7.

Bila nilai di bawah 7 artinya tingkat asamnya lebih tinggi, sebaliknya bila nilai di atas 7 maka tingkat basanya lebih tinggi. Air yang netral atau dengan pH yang seimbang tersebut kemudian umum disebut sebagai pH balance.

Campuran antara air dan sabun yang mengandung tingkat asam tinggi ditengarai menjadi penyebab reaktif timbulnya korosi pda logam atau plat bodi mobil bila tidak kering secara maksimal. Sebaliknya bila kandungan tingkat basa tinggi, memang baik untuk melarutkan kotoran namun perlahan berpotensi mengikis lapisan cat dan pernis pada bodi kendaraan.

Terobosan inilah yang membedakan Garasi Oase dengan tempat cuci kendaraan lainnya, yakni air dan shampoo yang sehat dan aman bagi bodi kendaraan dengan kandungan pH yang seimbang.

Theodorus Denis, Manager Operasional dari Garasi Oase menyebutkan, sebelum tempat beroperasi penuh delapan bulan lalu, kami melakukan riset bersama Spero produsen sabun cuci mobil yang kami gandeng untuk mengukur kadar air tanah di tempat kami. Selanjutnya Spero  baru merilis sabun cuci mobil yang disesuaikan dengan kandungn air di lokasi kami hingga tercapai ph yang seimbang atau pH 7.

Masih menurut Denis, keutamaaan dari penggunaan air dan sabun dengan pH seimbang ini dengan mudah dapat melarutkan kotoran yang bersifat asam pada bodi mobil tanpa harus takut mengikis lapisan pernis pada cat secara perlahan. Di lain sisi, kilap yang dihasilkan langsung terlihat jelas berbeda hanya dengan mencucinya karena seluruh lapisan pernis pada cat terbebas dari senyawa yang membuatnya redup. Dengan begitu usia permukaan cat bisa lebih tahan lama terjaga.

Memang bukan omong kosong, kami menjajalnya langsung di lokasi dengan membawa sebuah mobil yang terkena kotoran sisa hujan sejak seminggu yang lalu. Bila dilihat hasilnya memang berbeda dengan kebanyakan hasil cuci di tempat lain. Kilapnya pun juga terjaga meski mobil sempat terpapar debu jalanan beberapa jam kemudian.

Garasi Oase yang terletak di Jl. WR Supratman No.66 Kampung Utan, Ciputat, Tangerang Selatan ini beroperasi setiap harinya mulai pukul 07:00 hingga 21:00. Menariknya, meski bermodalkan riset yang panjang antara air dan sabun dengan pH yang seimbang, tarif jasa cucinya masih cukup terjangkau bagi para pemukim di bilangan Ciputat, Bintaro dan sekitarnya.

Untuk kendaraan kecil atau city car dan sedan jasa yang ditawarkan senilai Rp 30 ribu per mobil. Kendaraan menengah semisal MPV bertarif Rp 40 ribu sedangkan kendaraan besar seperti SUV atau MPV mewah di Rp 50 ribu.