Tak lama setelah Toyota GR Yaris AP4 hadir di Indonesia, Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) langsung menerjunkannya pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Spint Rally Putaran 1 dan 2 di Malang, jawa Timur. Mobil reli berharga milyaran rupiah tersebut menjadi besutan pereli senior Ryan Nirwan dan navigator Adi Indiarto yang kini bergabung bersama tim pabrikan TGRI.

Sesuai spesifikasi yang diusung, Toyota GR Yaris AP4 ini dalam kejuaraan reli nasional termasuk dalam kelas M1. Kategori dalam kelas ini adalah mobil reli gerak empat roda berhomologasi FIA yang memiliki spesifikasi restrictor turbo dibatasi serta berkapasitas mesin sesuai pabrikan. Dalam hal ini, mobil berspesifikasi reli AP4, R5 dan WRC termasuk di dalamnya.

Prestasi baru yang ditorehkan pasangan Ryan Nirwan – Adi Indiarto bersama GR Yaris AP4 ini jelas begitu menggembirakan. “Senang sekali di musim perdana saya dan Adi bergabung dengan tim TGRI, kami dapat meraih juara pertama di putaran 1 & 2 Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022. Terima kasih atas full support yang diberikan oleh tim TGRI, mulai dari proses development GR Yaris AP4 hingga persiapan di sepanjang balapan berlangsung, sehingga kami dapat menaklukan track sepanjang 5,2 kilometer yang sangat menantang. Bersama tim TGRI dan didukung performa GR Yaris AP4, kami akan terus berusaha tampil konsisten untuk meraih gelar juara nasional di musim ini,” ujar Ryan Nirwan.

Merujuk pada regulasi reli Asia-Pacific 4WD (AP4), berat minimum untuk kategori AP4 adalah 1.230 kilogram. Untuk itu modifikasi pada GR Yaris dilakukan hampir di semua sektor seperti penggunaan kap mesin dan pintu bagasi berbahan fiberglass, spion 3D printing yang ringan, serta ventilasi pada kap mesin dan atap dengan bobot yang lebih ringan. Meski begitu, komponen bodyshell seperti pintu dan atap asli GR Yaris tetap dipertahankan.

Meningkatkan aerodinamika, GR Yaris AP4 dilengkapi dengan side fender besar pada ke-4 roda demi mengalirkan udara dengan baik sekaligus memberikan kesan agresif. Spoiler atap besar di belakang dan diffuser besar di bawah pun ditambahkan untuk meningkatkan downforce. Suspensi depan dan belakang juga sudah dimodifikasi sesuai kebutuhan, termasuk travel suspensi agar sanggup bermanuver dengan baik.

Untuk memaksimalkan performanya, GR Yaris AP4 juga sudah memanfaatkan exhaust manifold khusus dan turbocharger boost maksimum 2 bar yang dilengkapi pembatas tekanan udara. Tenaga dialirkan melalui girboks sekuensial 5-speed dengan rasio gigi sesuai kebutuhan dan sistem AWD menggunakan locked centre differential yang membagi torsi secara merata 50:50 depan-belakang. Hasilnya, GR Yaris AP4 tampil mendominasi di track Sprint Rally yang sangat menantang.

“GR Yaris AP4 dikembangkan oleh TGRI di support oleh jaringan yang sudah lebih berpengalamam yaitu TGR Australia (TGRA) untuk menghadirkan mobil reli yang tangguh dan andal sesuai dengan karakter lintasan reli di Indonesia yang unik dan menantang. Pengembangannya diambil dari GR Yaris yang diciptakan dengan mengusung konsep reverse engineering untuk memenuhi homologasi ajang WRC, sehingga memiliki basis mobil rally yang sudah teruji kemampuannya. Kami harap GR Yaris dapat mendukung TGRI dalam meraih gelar juara nasional di tahun ini,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.