Jangan salah arti perihal penggunaan kata Ngum-Bar di sini karena sebenarnya Ngum-Bar memiliki arti kumpul-kumpul alias Ngumpul Bareng. Itulah judul yang diberikan untuk acara pertemuan penggemar  otomotif Jakarta dan sekitarnya di Mall Bintaro X-Change, Tangerang Selatan, pada Minggu (26/7).

Berbarengan dengan momentum lebaran yang masih hangat, Ngumbar menjadi ajang halal bihalal pecinta otomotif dari semua aliran. Meski mayoritas didominasi penggemar mobil/motor klasik dan retro seperti Honda C70, Vespa Sprint dan RX-King namun model modern seperti Harley-Davidson dan Triumph Rocket 2300 pun turut nampak di sana. Begitupun komunitas roda empat  macam Chevy modifikasi, VW Kodok, Corolla DX, sampai merek berkelas macam Jaguar dan Mercedes.

“Ini sebenarnya acara dadakan. Tercetus saat buka puasa,  teman-teman merasa perlu menggelar acara halal bihalal yang mempertemukan seluruh penggemar otomotif. Alhamdulillah disambut meriah. Bukan hanya Jabodetabek dan Banten, teman-teman dari Jabar pun pada datang,” kata Dicky Nugraha, pentolan Bintaro Classic and Retro Community (BCRC) yang menjadi tuan rumah.

Dilanjutkan oleh Dicky, Selain ajang silaturahmi, gelaran ini juga menjadi persiapan menyambut Thousands Car March (TCM). TCM adalah salah satu event pendukung Indonesia  International Motor Show 2015 yang menyajikan parade besar-besaran mobil-mobil retro dan vintage dari Senayan ke lokasi IIMS di JIExpo Kemayoran pada tanggal 22 Agustus 2015 mendatang. Mereka berharap jumlah peserta parade mampu memecahkan rekor di Indonesia.

“Event komunitas seperti ini bagus sekali diselenggarakan.  Hampir semua  elemen  hadir di sini. Berbeda aliran tapi kompak dan penuh kebersamaan, Ini layak dibesarkan dan menjadi  contoh  sosial yang bagus untuk komunitas lainnya,” jelas Ery Erlangga, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo yang  juga penggemar berat mobil-mobil klasik.