Track Day merupakan ajang menikmati kemampuan performa motor atau mobil secara maksimal dalam kondisi tertutup. Tertutup ini dalam arti dilakukan di sebuah lintasan atau sirkuit yang khusus terorganisir digunakan untuk kegiatan Track Day dan tidak terbuka untuk digunakan oleh pihak lain demi kenyamanan dan keamanan peserta.

Meski dalam kondisi lintasan tertutup, namun aktivitas Track Day juga harus menjunjung tinggi keselamatan berkendara. Mulai dari kondisi kendaraan, kepastian kemampuan kendaraan hingga apparel penunjang keselamatan berkendara. Dalam hal kendaraan roda dua, penggunaan outfit berkendara untuk keselamatan wajib nomor satu.

Disebutkan oleh Ayu Hapsari, PR & Communications Manager of PT Piaggio Indonesia, pihaknya pernah melakukan kegiatan Track Day bersama merek motor performa tinggi Aprilia yang digawanginya. “Kami senang bisa memberikan kesempatan kepada para riders dan motorsport enthusiasts untuk merasakan langsung DNA balap dari Aprilia dengan melalui lintasan lurus, high speed corner, hingga tikungan tajam di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Kami juga berikan edukasi mengenai keamanan dan kenyamanan berkendara dan pentingnya mengikuti aturan di lingkungan balap yang sesungguhnya.

Lantas apa saja kelengkapan berkendara yang terbilang aman dan wajib digunakan saat Track Day?

Mengenakan helm full face berstandar SNI

Helm full face memberikan perlindungan menyeluruh untuk kepala, wajah, dan rahang, sehingga meminimalkan risiko cedera pada bagian tersebut. Pastikan untuk mengenakan helm full face dengan sertifikasi terdepan seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) atau DOT (Department of Transportation). Dengan begitu, pengendara akan mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal dari hasil uji coba ketat yang memenuhi standar keamanan tinggi.

Memasang kaca helm photochromic visor

Gunakan kaca helm dengan photochromic visor, atau yang berwarna gelap, saat berkendara di lintasan balap. Photochromic visor adalah visor yang memiliki kemampuan untuk menyesuaikan warna dengan cuaca. Kaca jenis ini bekerja sebagai filter cahaya untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata sehingga dapat melindungi mata pengendara dari sinar terik dan pantulan cahaya. Sehingga  pengendara dapat  melihat dengan lebih nyaman dan jelas tanpa terusik sinar matahari yang dapat mengganggu penglihatan dan fokus.

Mengenakan wearpack full body protector untuk mencegah cedera

Wearpack balap atau yang biasa disebut racing suit juga wajib digunakan di lintas balap. Pasalnya, saat berkendara di sirkuit balap, risiko jatuh atau terlibat dalam kecelakaan relatif lebih tinggi dibandingkan berkendara di jalan raya. Wearpack yang dikenakan para pembalap biasanya terdiri dari baju dan celana dengan desain khusus yang terbuat dari bahan yang tahan lama dan kuat, seperti serat sintetis dengan daya tahan tinggi terhadap gesekan dan benturan. Usahakan pakai wearpack full body protector yang bodyfit dan memiliki kneepad di bagian lutut agar nyaman digunakan selama melaju di sirkuit, sekaligus meningkatkan keamanan dari risiko luka dan cedera yang mungkin terjadi akibat benturan atau gesekan dengan aspal atau benda keras lainnya.

Mengenakan setelan baju dan celana sebagai lapisan dalam wearpack

Jangan lupa untuk mengenakan setelan baju dan celana sebagai lapisan dalam untuk memudahkan pemakaian wearpack. Memakai lapisan dalam juga penting untuk mengurangi gesekan langsung wearpack dengan kulit demi meminimalisir kemungkinan iritasi atau rasa tidak nyaman selama berkendara. Setelan ini juga membantu mengatur suhu tubuh pengendara agar tidak terlalu mudah berkeringat, sehingga dapat memberi kenyamanan ekstra selama melaju di lintasan.

Perlindungan ekstra dengan sarung tangan khusus

Sarung tangan wajib dipakai, khususnya yang dilengkapi pelindung pada bagian atas telapak tangan. Sarung tangan ini dirancang khusus untuk memberi perlindungan tambahan pada tangan dan meminimalkan risiko cedera akibat gesekan dan benturan jika jatuh saat berkendara dengan kecepatan tinggi. Pilih sarung tangan yang melindungi tangan secara keseluruhan, mulai dari ruas jari-jari, telapak tangan, punggung tangan, hingga melewati pergelangan yang sesuai dengan ukuran tangan. Pastikan juga sarung tangan tidak longgar dan tidak ketat, agar lebih aman dan nyaman digunakan selama berkendara.

Kenakan sepatu khusus balap

Pilih sepatu yang tepat saat berkendara di sirkuit balap untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. Pengendara bisa menggunakan sepatu khusus balap atau dikenal dengan nama racing boots. Sepatu ini desain lebih tinggi untuk perlindungan tambahan pada area yang rentan terhadap cedera, seperti pergelangan kaki dan tulang kering. Tipsnya, pilih sepatu balap dengan bahan yang kuat dan tahan lama, serta mampu memberikan fleksibilitas saat berkendara agar tidak mengganggu kenyamanan pengendara.

Hari ‘apes’ memang tidak pernah tercatat di kalender, namun ketika hari itu datang, Anda sudah memproteksikan diri Anda dengan kelengkapan berkendara yang secara maksimal memberikan perlindungan untuk keselamatan berkendara.