Pelumas atau oli menjadi bagian penting untuk mesin, pasalnya oli memiliki fungsi untuk melapisi komponen bergerak pada mesin. Saat komponen internal mesin bergerak, akan terjadi yang namanya friksi atau gesekan antar komponen. Disinilah oli atau pelumas memiliki peran yang sangat besar untuk meminimalisir gesekan pada permukaan komponen dan dinding silinder dalam mesin.

Karena memiliki peran penting  pada kelangsungan hidup atau usia pakai sebuah mesin, maka oli atau pelumas menjadi salah satu kebutuhan yang paling dicari oleh konsumen kendaraan bermotor. Momentum ini kemudian dimanfaatkan oleh oknum-oknum  pelaku pemalsuan oli untuk mendulang keuntungan pribadi. Mengantisipasi hal yang dapat merugikan kedua belah pihak antara produsen dan konsumen,  PT ExxonMobil Lubricants Indonesia, distributor pelumas Federal Oil punya cara dalam melindungi produk yang asli.

Saat membeli pelumas mesin berlabel Federal Oil Anda bisa memulai dengan melihat dari kemasan, Hasril Asyad Marketing General PT ExxonMobil Lubricant Indonesia menyampaikan bahwa ada 5 poin penting yang harus diperhatikan saat melakukan pembelian pelumas Federal Oil yang asli.

Pertama ada pada jet print yang ada di tutup botol, laser marking Federal Oil diantara tutup botol, embos Federal Oil pada bagian dalam di aluminium foil, terdapat pula logo Standar Nasional Indonesia di belakang botol dan yang terakhir QR code pada label belakang.

Dari lima point ini, QR code bisa langsung Anda pastikan keasliannya dengan melakukan scan di ponsel pintar yang Anda miliki. Dengan memastikan pelumas Federal oil yang asli tentunya mesin kendaraan Anda akan terjaga dengan baik.

Wajib Anda ketahui saat ini Federal oil memiliki 4 tipe pelumas untuk motor matic seperti Ultratec Matic, Y-Matic, Federal Matic 30 dan Federal Matic 40. Sementara untuk tipe motor manual ada 3 pilihan yaitu Ultratec, SupremeXX dan Federal Racing.

 

Nurudin, Technical Trainer PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menyampaikan keuntungan dalam mengganti pelumas mesin secara rutin. “Lebih disarankan penggantian oli bisa mengacu pada hitungan jarak yaitu setiap 2.000 kilometer atau waktu 2 bulan. Mana yang lebih cepat tercapai,” kata Nurudin.

Dengan melakukan penggantian yang rutin tentunya keuangan yang Anda keluarkan akan lebih murah pasalnya formula yang terkandung pada Federal Oil diklam mampu menjaga suhu mesin tetap stabil, melindungi dari gesekan sehingga komponen mesin lebih awet.

Kandungan active moly bisa menjaga komponen mesin sehingga bahan bakar yang dikeluarkan bisa lebih hemat. Perfoma mesin lebih terjaga dan biaya perawatan yang ringan karena kandungan pada peelumas mampu membersihkan mesin 2x lebih efektif.

Nurudin juga mengatakan bahwa ada dampak negatif yang akan terjadi saat Anda gonta ganti merk pelumas. Walaupun sejatinya pelumas memiliki base oil dan kandungan yang hampir sama.

Tidak disarankan gonta ganti merk oli karena komposisi di setiap merk dan tipe oli berbeda beda. Sehingga pencampuran yang tidak sempurna akan membuat oli menggumpal dan mengendap. Dalam hal ini proses flushing juga wajib menjadi perhatian Anda sebagai pemilik motor.