Beruntung sekali TheGaspol dapat menyelinap masuk ke dalam rombongan Moge Honda berjuluk Honda Big Bike Indonesia yang akrab disapa HOBI. Keputusan kami sangat tepat, hadirnya HOBI tampak seperti bintang dalam gelaran Honda Bikers Day di Pacitan 21 November silam. Dengan member yang menunggangi Honda CB500F, CB500X, CB650F, CBR650F, NM4 Vultus, CBR 1000 RRSP, keberadaannya di pesisir pantai teleng ria kala itu seakan menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung yang hadir untuk sekedar mengabadikan moment ataupun hanya melihat – lihat motor besar lansiran Honda dari dekat.

Kelahirannya sebagai komunitas memang masih belum diputuskan tanggal pastinya, namun kebersamaan dan kekompakan tim sudah terlihat kala mereka melakukan touring Jakarta – Pacitan. “Nama HOBI diputuskan saat PT Astra Honda Motor menyelenggarakan event touring Jakarta – Jawa Barat pada tanggal 17-18 Oktober yang lalu, disana kami membuat forum yang membahas mengenai nama untuk komunitasnya. Meskipun sudah disebutkan namanya, namun komunitas ini baru hanya sebagai wadah interaksi bagi para anggotanya, belum memilih struktur pengurus,” jelas Arman Rafik selaku Big Bike Manager Astra Motor Jakarta pada TheGaspol.

Persiapan sblm Pacitan

Hingga saat ini, komunitas dimaksud telah merangkul sebanyak 61 total customer Honda Big Bike untuk bergabung. Kini, anggotanya telah tersebar di 8 provinsi yang mencakup Jakarta, Jabar, Jateng, Jogja, Bali, Makassar, Riau. Total anggota yang tercatat hinggal saat ini mencapai 70, dengan penambahan 10 anggota yang telah join disetiap aktifitas, mereka membeli produk Moge Honda melalui importer umum.

Untuk memenuhi undangan dari PT Astra Honda Motor dalam rangka Honda Bikers Day di Pacitan tersebut, rombongan bertolak dari Jakarta sejak hari kamis (19/11/2015). Chapter Jakarta memilih meeting point di Pom Bensin Kalimalang pukul 3 pagi. Sekitar 16 motor Big Bike akhirnya berkumpul dan memulai touring dengan rute Kalimalang – Cikampek – Cirebon – Tegal – Ajibarang – Gombong – Jogjakarta. Dengan beberapa kali singgah istirahat dan makan, akhirnya rombongan sampe di Jogja sekitar jam 8 malem. Member pun memilih bermalam sambil menunggu chapter lain yang akan bertemu di kota gudeg.

RM Lestari Ambarukmo

Tepat pukul 10.00 pagi, HOBI chapter Bali akhirnya tiba di Jogjakarta. Selepas solat Jum’at, rombongan menyempatkan diri untuk melakukan city tour melihat keindahan kota Jogja sekaligus memperkenalkan komunitas ini. Dengan melakukan riding sampai Waduk Sermo, rombongan melanjutkan perjalanan ke tempat wisata Kalibiru. Seharian di jalan pun dituntaskan dengan menyantap Sate Klatak Pak Pong di kawasan Imogiri, Bantul. Selapas mengganjal perut, rombongan kembali beristirahat di kota Jogjakarta.

Saat yang dinanti pun tiba. Rombongan chapter Jawa Barat akhirnya bergabung. Mereka telah siap melahap jarak 128 km menuju kota Pacitan, Jawa Timur tempat berlangsungnya perhelatan Honda Bikers Day ke-7. Di sana AHM telah menyediakan parkir khusus motor Big Bike dan tenda VIP bagi para rider. Selain itu, ada waktu khusus yang disediakan untuk mendeklarasikan Honda Big Bike Indonesia community dihadapan para peserta HBD yang datang, acara ini ditandai dengan acara pemotongan tumpeng.

Pantai Soge

Selama kurang lebih 30 menit, acara deklarasi pun berakhir. Rombongan H.O.B.I yang mengikuti acara deklarsi dengan hikmat akhirnya perlahan mulai meninggalkan tenda VIP dan beranjak pulang ke kota Jogjakarta. Tepat pukul 20.00, sebanyak 35 Big Bike Honda dari gabungan chapter Jakarta, Jawa Barat dan Bali akhirnya beriringan untuk kembali ke Jogjakarta.

Meski belum genap 1 bulan sejak mendapatkan pengakuan dari AHM, komunitas ini diyakini akan terus bertambah. H.O.B.I pun tidak menutup kemungkinan untuk para penunggang Big Bike Honda untuk bergabung ke dalam komunitas ini. Syarat utamanya, anggota harus memiliki motor Honda produksi resmi APM dengan tipe CB500F, CB500X, CB650F, CBR650F, NM4 Vultus, CBR1000RRSP. Atau tipe big bike Honda lainnya,  seperti CBR1000RR, CBR600RR, Gold Wing, Shadow, serta Hornet untuk bisa mengikuti aktivitasnya.

Sejauh ini, masing – masing chapter telah menggelar aktifitas sosial, seperti kegiatan Safety & Fun Riding di Sentul Karing, Touring jelajah 3 pulau Jatim – Bali – Lombok, City Touring, Nobar MotoGP dan Kopdar rutin. Punya Moge Honda dan ingin bergabung? Anda hanya perlu menyambangi diler Jakarta Honda Center di Jalan Dewi Sartika No. 255, Cawang, Jakarta, atau dapat menghubungi Arman di nomor 08170054654.