Merayakan 30 tahun kehadiran Fireblade, atau disebut CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary. PT Astra Honda Motor memboyong motor supersport ini ke Indonesia. Terinspirasi dari Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S, CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung berbagai daya tarik.

Identitas merayakan kehadiran Fireblade sejak 1992 didapat dari penampilan berbagai sektor. Mulai dari pemilihan warna kombinasi merah, putih, dan biru (Tricolor) untuk beberapa bagian, ditambah detail penanda edisi spesial 30 tahun yang dipasang pada banyak detail sepeda motor.

”CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi. Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda,” kata Thomas Wijaya Marketing Director AHM.

CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung desain aerodinamis dan agresif yang melegenda dari motor supersport Honda. Desainnya agresif dengan minim area frontal agar menambah aerodinamika. Hampir semua bagian diciptakan untuk mendapatkan downforce maksimal saat berakselerasi, mengerem, dan bermanuver.

Headlight full LED semakin tajam mempertegas kesan futuristik. Terdapat winglet yang diadopsi dari Honda RC213V untuk menambah downforce, membuat sepeda motor tetap stabil saat berakselerasi, atau melaju kencang saat keluar dari tikungan.

Tak hanya itu, DNA motor balap juga tercermin dari aplikasi Air-ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox. Bagian dalam saluran udara masuk didesain ulang untuk mendapatkan suplai udara yang lebih sempurna, mendukung tujuan keseluruhan peningkatan performa pada putaran mesin menengah.

Cover tangki bahan bakar tetap berdesain ergonomis, agar pengendara bisa mendapatkan posisi paling ideal untuk mengurangi hambatan angin. Sasis utama CBR1000RR-R SP menggunakan bahan aluminium, mendekap mesin lebih baik untuk memperbaiki kelincahan berkendara.

Sementara itu, jarak sumbu roda (wheelbase) yang sebelumnya 1.455 mm, kini dibuat lebih panjang, yakni 1.460 mm. Hal ini dikarenakan sprocket gigi belakang ditambahkan 3 gigi (dari 40 menjadi 43), untuk menambah akselerasi saat dibutuhkan pada putaran menengah.

Wheelbase yang lebih panjang ini juga membuat adanya perbaikan pada sisi kestabilan berkendara dalam kecepatan tinggi. Semua informasi pada panelmeter ditunjukkan dengan versi full digital dari layar TFT, bisa dipilih lima mode display sesuai selera dan kebutuhan pengendara.

CBR1000RR-R Fireblade SP mengusung sebuah level baru dari performa mesin 4 silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V. Semua fitur yang diaplikasikan pada model ini pun bertumpu pada mesin dan teknologi sasis yang mendukung sensasi berkendara di sirkuit.

Mesin 999,9 cc DOHC 4-silinder inline mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Konfigurasi mesin ini sama persis dengan RC213V (bore x stroke : 81 mm x 48,5 mm). Tenaganya maksimal tercatat 160 kW (215 hp) @14.500 rpm, dan torsi maksimal mencapai 112 Nm @12.500 rpm. Piston terbuat dari bahan aluminium tempa (Forged Aluminium).

Honda CBR1000RR-R SP Fireblade Edisi Spesial 30 tahun memiliki fitur yang canggih dengan warna khas Honda Tricolor ini dipasarkan dengan banderol Rp1,058 miliar on the road wilayah DKI Jakarta.