Hari pertama pameran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, Honda membawa teknologi baru e:Technology ke Indonesia. e:Technology merupakan simbol energi pengembangan Honda untuk membawa semangat dan kebabagiaan dalam kehidupan masyarakat melalui energi listrik.

e:Technology memang bukan barang baru bagi Honda. Sebelumnya beberapa produk Honda baik roda empat dan dua sudah mengusung simbol e: yang berarti ada teknologi listrik di dalamnya.

Di roda empat sendiri, simbol e: bersanding dengan simbol HEV yang berarti Hybrid Electric Vehicle. Di dunia, produk mobil Honda bersimbol e:HEV sudah ada sejak beberapa tahun lalu saat era elektrifikasi kendaraan dimulai. Kini giliran Indonesia.

Di pameran GIIAS 2022, Honda Accord e:HEV dan Honda CR-V e:HEV diperkenalkan. Honda menyebutkan, kedua mobil ini baru akan dipasarkan secara resmi tahun depan dan merupakan produk buatan dalam negeri atau CKD (Completely Knock Down).

Keduanya merupakan produk mobil hybrid pertama yang akan dibuat Honda di fasilitas produksinya di Karawang. Namun hingga saat ini PT Honda Prospect Motor belum menginformasikan lebih lanjut soal mesin yang digunakan. Apakah 1,5 liter DOHC i-VTEC Turbocharger, 2,0 liter DOHC i-VTEC ataupun 2,4 liter DOHC i-VTEC.

Kendati belum dijual, pengunjung bisa menjajal mengendarai salah satu produknya yakni Honda CR-V Hybrid di GIIAS 2022. Keberlanjutan elektrifikasi Honda Indonesia akan dimulai tahun depan sesuai komitmen pabrikan.

Dalam sambutannya, Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor, Kotaro Shimizu menyebutkan, kita tahu dunia ini berubah dan teknologi baru terus berkembang sesuai keberlangsungan lingkungan. Untuk itu Honda memiliki visi zero carbon pada 2050 dan meningkatkan model EV dan FEV hingga 2040. Langkah pertama di Indonesia adalah kami akan menjual dua model hybrid tahun depan dan salah satunya akan diproduksi lokal.