DSC_0020

Setelah berhasil menampilkan sedan konsep terbarunya di ajang Tokyo Motor Show tahun lalu, hari ini pabrikan kendaraan Toyota kembali mengungkapkan desain eksterior dan panduan harga pasar sedan berbahan bakar hidrogen terbaru-nya.

Sebelum April mendatang, sedan saloon empat pintu ini pertama kali akan diperkenalkan di Jepang. Dan Toyota sudah siap meluncurkan kendaraan ini ke pasar Amerika Serikat dan Eropa pada musim panas 2015.

Di Jepang, sedan tersebut akan dijual di dealer Toyota dan Toyopet, dengan kisaran harga mencapai £40,450 atau setara dengan Rp.664 juta. Untuk awal, penjualan kendaraan ini akan terbatas di hanya beberapa negara yang mengembangkan infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar hidrogen. Sayangnya, harga kendaraan jenis saloon ini di Eropa dan Amerika belum diputuskan. Dan detail harga, spesifikasi juga target penjualan dari kendaraan tersebut akan diumumkan kemudian.

Komitmen Toyota untuk mengembangkan kendaraan yang ramah lingkungan ini terdiri dari tiga prinsip: seperti merangkul ragam sumber energi, mereduksi emisi pada kendaraan, dan merubah kebiasaan berkendara menjadi sebuah perubahan yang positif untuk lingkungan.

Selama lebih dari 20 tahun Toyota memag telah mengembangkan kendaraan fuel-cell ini. Termasuk sistem FC Stack, yang dapat menghasilkan tenaga elektrik dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen, dan tangki hidrogen bertekanan tinggi. Teknologi tersebut merupakan sebuah fitur yang telah disematkan ke Toyota FCHV (fuel cell hybrid vehicle). FCHV sendiri merupakan sebuah SUV yang sudah ada sejak tahun 2002, dan disewakan kepada pelanggan di Jepang dan Amerika secara terbatas.

Kami menyambut dengan gembira kedatangan teknologi fuel cell tersebut. Dan tentu saja akan ada banyak tantangan di depan, seperti ketersediaan infrastruktur bahan bakarnya dan customer awarness-nya. Tapi sejarah hybrid kami telah memberikan banyak pengalaman untuk berani membawa teknologi terbaru ini ke pasar global,” tutur Karl Schlicht, Executive Vice President Toyota Motor Eropa.

“Perlahan kita akan mengambil pasar di Eropa, secara bertahap kita akan memperkenalkan jenis mobil yang telah dipilih oleh pasar. Tapi kami yakin bahwa kendaraan hidrogen ini akan semakin populer sebagai sebuah kendaraan yang bertenaga,”  imbuhnya.

Pabrikan Toyota juga terlibat aktif dalam kegiatan lain yang berhubungan dengan produk hidrogen, seperti mengembangkan dan menguji fuel cell tersebut untuk digunakan di rumah, serta merancang bahan bakar hidrogen untuk jenis forklift dan bis.