Jelang akhir tahun beberapa wilayah di Indonesia tengah memasuki musim penghunan. Sebagai seorang bikers tentunya Anda harus mempersiapkan kebutuhan agar hujan tidak lagi sebagai alasan dalam melakukan kegiatan.

Kondisi hujan membuat Anda harus tetap waspada. Mengingat jarak pandang saat berkendara sangat terbatas. ”Mengendarai sepeda motor saat hujan membuat pengguna motor perlu memperhatikan beberapa hal yang mendukung keselamatan berkendara bersama. Dengan tantangan berbeda yang dihadapi ketika hujan, kami memberikan tips yang dapat diterapkan untuk kelancaran aktivitas berkendara,” ujar Wiranata P.Ilahi, Manager Promosi Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu).

Berikut tips persiapan untuk bikers meenjelang musim hujan :

1. Persiapan diri

Bukan hanya dimusim penghujan, saat keluar rumah kini kondisi badan harus sehat. Pasalnya kondisi tubuh yang tidak fit akan mempengaruhi fokus saat berkendara dan lebih mudah sakit akibat cuaca yang kurang mendukung.

2. Lampu sepeda motor

Pastikan seluruh lampu dalam keadaan baik agar bisa melihat dan terlihat oleh pengendara lain. Selain itu pastikan ban dan rem dalam kondisi baik.

3. Gaya berkendara

Gaya berkendara saat hujan berbeda dengan gaya berkendara saat kondisi normal. Saat hujan resiko berkendara lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi normal sehingga kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara terutama saat melakukan pengereman, jadi lakukan pengereman dengan halus dan perlahan. Serta buka tutup gas yang lebih smooth dan lebih memperhatikan kondisi sekitar.

4. Jas Hujan

Disarankan untuk menggunakan jas hujan jenis setelan. Pasalnya jenis jass hujan seperti ponco bisa membahakan diri sendiri dan orang lain. Yang dikhawatirkan akan tersangkut pada bagian rantai atau roda sepeda motor. Dan disarankan untuk menggunakan helm dengan visor bening karena saat hujan memungkinkan visor helm berkabut sehingga mengganggu fokus saat berkendara.