Jauh sebelum Mitsubishi melahirkan mobil-mobil yang melegenda di dunia, awalnya Mitsubishi adalah sebuah perusahaan perakit kapal. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1870 silam oleh Yataro Iwasaki.

Di tahun 1873, nama perusahaan ini bertambah menjadi Mitsubishi Shokai. Nama Mitsubishi sendiri memiliki arti dari dua kata yang terpisah. Mitsu dalam bahasa Jepang berarti tiga dan Bishi (hishi) memiliki arti dibawah. Falsafah ini yang kemudian diterapkan menjadi logo Mitsubishi yang berbentuk tiga belah ketupat atau kini diartikan sebagai tiga berlian.

Grup usaha bisnis Mitsubishi kian membesar di Jepang. Perusahaan ini berekspansi ke bisnis pertambangan untuk operasional kapal, bisnis pembuatan besi untuk pembuatan dan perbaikan material kapal serta bisnis asuransi muatan kapal. Memasuki abad 19, perusahaan berlambang tiga berlian yang berkedudukan di Jepang ini menciptakan sebuah kendaraan roda empat pertamanya 1917 silam.

Ini adalah model pertama kendaraan Mitsubishi di seluruh dunia. Mitsubishi menyebutnya sebagai Model A dan mobil ini lahir dari sebuah pabrik perakitan kapal yang dimiliki Mitsubishi. Mobil ini diproduksi oleh Mitsubishi selama empat tahun mulai 1917 hingga 1921.

Memakai basis dasar dari Fiat Tipo 3, Mitsubishi Model A merupakan sebuah kendaraan penumpang empat pintu yang sanggup mengangkut hingga tujuh orang. Mobil bermesin depan dengan penggerak belakang ini memiliki tenaga 35 dk yang berasal dari sumber tenaga bensin 4-silinder 2.800 cc dengan kecepatan tertinggi hingga 97 km/jam.

Di masanya, mobil ini berhasil dirakit sebanyak 22 unit dan berhasil di ekspor ke berbagai negara diluarĀ  Jepang.