Indonesia kembali mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan olahraga balap motor tanah berkelas internasional yaitu MXGP. Berita baik ini diumumkan melalui koferensi pers yang berlangsung di Jakarta pada Kamis (19/5).

Konperensi Pers dihadiri oleh Gubernur NTB, Bapak Zulkieflimansyah selaku tuan rumah MXGP of Indonesia 2022, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia, Bapak Bambang Soesatyo selaku pengawas pelaksana Racing Committee dan beberapa stakeholders penyelenggara MXGP of Indonesia 2022.

MXGP of Indonesia 2022 akan berlangsung di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat pada tanggal 24-26 Juni 2022. Lokasi sirkuit berada di Samota yang berarti Saleh Mayo Tambora. Daerah ini merupakan integritas dari 3 kawasan indah di Indonesia yang akan lebih dikenal dunia. Gubernur NTB Zulkieflimansyah ingin membawa keberhasilan MotoGP Mandalika berlanjut ke MXGP Sumbawa.

“Alasan pemilihan lokasi di Samota, Sumbawa karena daerah ini merupakan integrasi dari tiga kawasan indah yang cukup popular di dunia. Samota adalah singkatan dari Saleh, Moyo, Tambora. Kami yakin mudah-mudahan semua akan disuguhkan dengan petualangan yang hebat dan mengalami pengalaman spiritual yang luar biasa di NTB,” tutur Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Lebih lanjut Zulkieflimansyah meceritakan tentang kesuksesan MotoGP di Mandalika, Lombok. Menurut laporan yang ia terima dari BPS peredaran uang selama gelaran MotoGP di Mandalika mencapai Rp 606,7 miliar.

“Eksternalitas positif dari internasional event ini besar sekali. Requirement-nya cukup rigid, misalnya fasilitas kesehatan harus kelas satu, artinya kami harus dipaksa untuk memperbaiki rumah sakit. Runway bandara harus diperpanjang, listrik tidak boleh mati, jalan tidak boleh sempit, rumah pendukuk tidak boleh kumuh, belum lagi kuliener, travel agencies, okupansi hotel luar biasa tinggi”, ujar Zulkieflimansyah.

Jika kita flasback ke belakang, perjalanan MXGP Indonesia dimulai tahun 2017 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung. Dan tentunya menjadi tolok ukur olahraga motocross di Indonesia dengan animo pembalap yang semakin besar dan minat penonton yang terus bertambah setiap tahunnya.

Setelah itu ditahun 2019, MXGP berlangsung di Semarang dan Palembang. Dan 2 tahun beakangan MXGP absen selama pandemic covid-19 di Indonesia. Kehadiran MXGP 2022 tentunya disambut baik oleh masyarakat Indonesia khusunya warga lokal.

Bambang Soesatyo atau biasa disapa Bamsoet mengatakan bahwa event otomotif bisa menggerakan ekonomi dan pariwisata hal ini terbukti dalam balap MotoGP Mandalika. 1,6 miliar mata dunia tertuju ke Mandalika dan harapannya hal serupa akan terjadi di MXGP Samota.

“Kami berharap Sumbawa juga bisa dikenal dengan keindahan yang tidak kalah dari negara-negara Eropa. Jadi dunia tidak hanya mengenal Indonesia itu Bali, lewat gelaran kejuaraan dunia ini,” tambah Bamsoet.

Menurut laporan yang disampaikan pembangunan sirkuit atau main track dan pengaturan space masing masing area kini sudah mencapai 30%. Infrastruktur penguatan jaringan listrik oleh PLN maupun penyempurnaan jalur jaringan dan proses transfer layanan telekomunikasi oleh Telkom sudah progres 50%. Akomodasi progres 50% dengan ketersediaan 922 kamar dari hotel bintang 4 hingga non bintang di Kabupaten Sumbawa.

Sementara untuk perizinan sudah 30%, medical 20% dan tool medical sudah siap 100%. Draft site plan MXGP 2022 juga sudah dirancang dengan luas area sirkuit mencapai 90 hektar. Sirkuit Roket Motor akan dibangun sepanjang 1,8 Km.

Penyelenggara MXGP of Indonesia menargetkan jumlah penonton yang mencapai 75.000 orang dalam kurun waktu tiga hari gelaran balapan. Dan harga tiket nonton MXGP Indonensia dibandrol mulai dari Rp 100.000 per orang. Pembelian tiket bisa dilakukan mulai awal Juni mendatang. Penyelenggara juga akan berkolaborasi dengan provider penjualan tiket yakni, tiket.com.