Jaguar-Lightweight-E-Type-16

Seperti yang pernah diberitakan Jaguar Land Rover Special Vehicle Operation (SVO) akhirnya meluncurkan Jaguar E-Type Prototype. Mobil ini dibangun langsung dengan menggunakan tangan pengrajin di pabrik baru Jaguar yang terletak di Browns Lane, Inggris. Sejatinya, mobil ini telah diluncurkan di 1963 namun belum rampung dan rencananya hanya dibuat 18 unit saja. Namun karena beberapa kendala Jaguar hanya memproduksi 12 unit.

Untuk memenuhi target yang telah ditetapkan setengah abad silam, pihak Jaguar Land Rover SVO kali ini akan membuat 6 unit Jaguar E-Type. Mobil yang dirakit secara manual ini sangat ringan karena mengadopsi bahan alumunium untuk bagian bodi hingga ke bagian mesin. Dengan penggunaan material ini Jaguar E-Type dapat mengurangi bobot hingga 114 kg.

Beralih kebagian mesin, Jaguar ini mendapatkan mesin XK enam-silinder dengan kapasitas mesin 3.868cc. Mesin ini dapat memuntahkan tenaga hingga 340 dk dan torsi 380 Nm pada putaran mesin 4.500rpm. Tenaga yang dihasilkan tersebut akan disaluran oleh transmisi empat percepatan All-Synchromesh yang berpadu dengan Jaguar close-ratio serta kopling tunggal.

Mobil sport yang dilepas kepasaran sebanyak enam unit ini sudah menggunakan rollcage standar FIA untuk melindungi sang pengendara dan akan dipamerkan di acara Pebble Beach Concours d’Elegance pada 14 Agustus besok.