Ban cadangan merupakan salah satu peranti wajib yang tak boleh dikesampingkan. Saat mengalami kempis ban di jalan, ban kelima ini akan berjasa menyelamatkan Anda dari kendala dalam perjalanan.

Secara umum, ban cadangan memiliki dua model yang biasa dipergunakan di mobil produksi massal. Tipe full size atau yang memiliki ciri ukuran diameter lingkar dan lebar menyerupai empat buah ban yang terpasang pada mobil.

Tipe lain adalah space saver, model ini memiliki bentuk yang lebih ramping dengan diameter yang lebih kecil dari ban terpasang. Sesuai namanya, ban cadangan tipe ini digunakan untuk menghemat bobot mobil dan tempat penyimpanan pada bagasi, karena keterbatasan ruang.

Merawat-Ban-Serep

Lantas apakah keduanya memiliki cara perawatan yang berbeda? Karena jangan sampai saat Anda membutuhkan ban cadangan di perjalanan, ternyata ban kelima tersebut justru tidak bisa digunakan karena rusak atau kempis.

Juni Feri, Service Advisor KIA Sunter menyebutkan pada dasarnya perawatan ban cadangan ini tidak susah. Cukup pantau tekanan anginnya saja, maka ban cadangan akan selalu siap digunakan.

“Untuk ban berukuran full size, samakan saja tekanan anginnya dengan ban terpasang sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Sementara untuk ban berjenis space saver, biasanya aturan soal tekanan angin yang dianjurkan ada pada bagian pelek dengan sebuah stiker tertempel,” tambah Feri.

IMG_9354

Ban cadangan yang dalam kondisi baik, biasanya jarang mengalami depresiasi tekanan angin, meski tidak digunakan. Jika ban cadangan mengalami penurunan tekanan angin yang cukup signifikan, tandanya ada kebocoran pada karet bundar cadangan di mobil Anda.

Sementara, agar kondisi ban cadangan tetap terpantau baik, sediakanlah sedikit waktu setidaknya setiap 10.000 Km sekali, untuk mengecek fisik ban serep tersebut. Karena bagian dinding karet ban yang terus bersinggungan dengan permukaan lain (khususnya besi), biasanya akan membuat kerusakan pada dinding ban.

Untuk mudahnya, manfaatkan periode service berkala dalam kelipatan jarak pemakaian tersebut agar saat dibutuhkan, ban cadangan siap sedia mengisi posisinya.