Kawasaki Ninja ZX-25R kini dikenal dengan sebagai motor sport fairing 250cc yang memiliki tampilan dan power yang mempuni untuk berakselerasi di jalan atau dilintasan sirkuit. Namun menariknya motor idaman pecinta kecepatan ini dijadikan kendaraan dinas Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta, memang mau kemana?

Spesifikasi motor Kawasaki ZX25R memiliki dimensi panjang 1.980 mm, lebar 750 mm dan tinggi 1.110 mm dengan berat mencapai 182 kg. Kapasitas bensin mencapai 15 liter. Sementara pada sektor mesin memiliki kapasitas 249,8 cc, DOHC, 16 valve dengan kopling basah. Tenaga yang dapat dihasilkan dari motor ini mencapai 50 hp @15.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 22,9 Nm @14.500 rpm.

Dengan kapasitas mesin tersebut membuat Kawasaki ZX-25R cocok menggunakan bahan bakar dengan RON 98. Dalam pengetesan untuk harian dan luar kota Kawasaki ZX-25R menghabiskan 27km/liter (touring) dan 19,8km/liter. Masih penasaran dengan alasan Kawasaki ZX-25R jadi kendaraan dinas Satpol PP DIY? akhir Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad memberikan alasannya.

Menurutnya Kawasaki Ninja ZX25R masih memenuhi spek yang sesuai Permendagri 19 Tahun 2013. Dalam Pasal 41, disebutkan sepeda motor Satpol PP berkapasitas mesin 200 cc ke atas dan diberi tanda khusus. Nantinya motor ini akan digunakan untuk melakukan pengawalan pejabat daerah.

Hingga saat ini Satpol PP DIY Tidak memiliki kendaraan dinas, bahkan kendaraan pribadi personil sering digunakan untuk melakukan pengawalan dalam bertugas. Melakukan pengawalan dengan cara mengikuti pejabat yang menggunakan mobil dinas membuat Kawasaki ZX-25R dipilih sebagai kendaraan dinas.

Bukan hanya dua unit Kawasaki ZX-25R, Kawasaki KLX juga akan dijadikan kendaraan penegak aturan Peraturan Daerah di DIY. Yaitu razia gelandangan dan pengemis (gepeng) untuk menegakkan Perda Nomor 1 Tahun 2014. Pasalnya selama ini Satpol PP DIY hanya menggunakan kendaraan pickup, sehingga gelandangan dan pengemis bisa dengan mudah kabur dari Satpol PP.

Kira kira akan efektif tidak ya Kawasaki ZX-25R dengan modifikasi side box dan top box menjadi kendaraan pengawalan. Padahal jika dilihat dari segi harga, kapasitas mesin dan peruntukannya beberapa pilihan motor dengan tipe cruiser, naked atau sport adventure masih tersedia.