Toyota Jepang sudah mengumumkan soal upgrade torsi untuk mobil Toyota GR Yaris. Mobil dengan jumlah produksi 25 ribu unit secara global tentunya menjadi incaran para kolektor, terlebih Toyota GR Yaris memiliki nama yang harum di kancah balap Rally.

Di Indonesia sendiri Toyota GR Yaris di jatah 126 unit. GR Yaris sudah memenuhi regulasi balap World Rally Championship (WRC) dengan catatan menjadi mobil produksi masal. Di Jepang Toyota GR Yaris ini ditawarkan dalam tiga varian; RS, RZ, dan RZ High Performance. Ketiganya memiliki perbedaan di banyak hal dan yang utama ada pada bagian mesinnya.

Varian pertama adalah RS, dengan berbekal mesin 1.490 cc, 4 silinder, bertenaga 118 hp @6.600 rpm dengan torsi 145 Nm @4.800-5.200 rpm. Varian ini diklaim paling irit dengan angka 18,2km per liter.

Pada sisi eksterior dan part pendukung, RS juga memiliki ciri menggunakan ban 225/40 R18 lansiran Dunlop SP Sport Maxx 050. Selain itu pada bagian pelek menggunakan tipe pelek dengan palang yang jumlahnya lebih banyak dari varian teratas, ditambah ukuran cakram yang lebih kecil.

Pada bagian interior menggunakan bahan fabric hitam, model jok yang digunakan juga berbeda dengan varian tertinggi. Dan perbedaan varian RS sudah dibekali dengan mode Normal, Power, dan ECO. Agar lebih memberikan kesan racing paddle shift ditanamkan pada varian ini.

Varian RZ merupakan varian tengah dalam GR Yaris family. Kapasitas mesin yang ditawarkan tentunya lebih besar dari varian terendah yaitu 1.618 cc, 3 silinder, turbocharge bertenaga 270 hp @6.500 rpm dengan torsi maksimal 370 Nm @3.000 – 4.600 rpm dengan 6 percepatan manual.

Selain mesin kedua varian Toyota GR Yaris RS dan RZ memiliki perbedaan pada sisi instrument cluster, aksesori dan pengereman untuk memperlambat laju roda dengan mesin yang lebih besar.

Sementara itu varian tertinggi Toyota GR Yaris High Performance memiliki mesin sama seperti varian RZ, yakni berkapasitas 1.618 cc, 3 silinder, turbocharge bertenaga 270 hp @6.500 rpm dengan torsi maksimal 370 Nm @3.000 – 4.600 rpm. Varian teratas berpenggerak all wheel drive ini sudah dibekali dengan gardan yang sudah berisi limited slip differential (LSD).

Kembali dalam pengumuman upgrade mesin, varian RZ dan High performance GR Yaris ke program Kinto Factory di Jepang, yang memungkinkan kendaraan untuk ditingkatkan dengan penyetelan mesin baru akan menambah torsi 20 Nm dari mesin tiga silinder 1.6 liter turbocharged.

Setting ulang ini akan meningkatkan kinerja hingga 390Nm. Di Jepang pemilik Toyota dapat mengakses perangkat lunak, “renovasi” interior dasar, dan kustomisasi kendaraan melalui layanan yang dikenal sebagai Kinto Factory.

Selain upgrade perangkat lunak, Kinto Factory juga menawarkan pemilik Toyota GR Yaris di Jepang kemampuan untuk meng-upgrade kendaraan mereka dengan perkuatan sensor parkir, stop kontak, atau bahkan pintu geser listrik untuk penggerak orang.