Mengikuti jejak sang prototype Freeride E yang dikenalkan di EICMA 2011 silam, keluarga motor listrik KTM semakin luas dengan dirilisnya Freeride E-SM, motor listrik yang legal dipacu di jalan raya kepada pers internasional di Barcelona, Spanyol baru-baru ini.

Peluncuran Freeride E-SM dinilai logis sebab sejalan dengan perkembangannya. Sebelumnya Freeride E-XC diperkenalkan sebagai model Enduro dan E-SX sebagai model motocross.. Meski keduanya tampak mirip, hanya E-XC yang dinilai paling legal dibesut di jalan karena mengusung atribut yang layak digunakan di jalan seperti lampu, spion dan sein.

Kini dengan diluncurkannya seri E-SM, peluang untuk membesut motor listrik keluaran KTM sudah terbuka lebar. Motor ini, seperti diklaim KTM, adalah motor yang paling ideal untuk semua tipe pengendara dari pemula hingga professional.

KTM Freeride E-SM sudah bisa dibesut dengan menggunakan SIM A1 di Eropa.
Ya, motor berkekuatan 21 hp dengan torsi 31 ft/lbs ini sekarang hanya masih bisa dibesut di Eropa dengan pendistribusian dimulai pada bulan Mei. Menurut kabar yang beredar, KTM Freeride E-SM dibandrol dengan harga 14 ribu dolar US atau sekitar Rp 190 juta,