Setelah pada awal tahun audi A7 Sportbback menggerakan public dengan berjalan sendiri dari Silicon valley ke Las Vegas, Amerika menempuh jarak 885 kilometer, kali ini satu lagi temannya ingin ikut pamer. Sebuah Audi SQ5 tanpa awak telah siap untuk menempuh perjalanan lintas negeri dari San Fransisco ke New York.

Berbeda dengan yang lalu, kali ini perjalanannya akan lebih jauh. Terhitung akan ada 3,500 mil jarak yang ditempuh atau sejauh 5,632 km. Bila dibandingkan dengan lintasan sebelumnya, perjlanan ini tujuh kali lebih jauh daripada sebelumnya!

Meski begitu, ide dibalik proyek ini bukanlah Audi melainkan Delphi. Suplaier otomotif ini sudah bergelut lama di bidang aksesori pendukung otomobil jauh semejak industry otomotif ramai berdiri. Sebut saja stater listrik yang mereka keluarkan di 1911 dan radio mobil di 1936. Tidak lupa pula menyebutkan sistem navigasi radio terintegrasi di 1994.

Berangkat di 22 Maret 2015, Audi SQ5 akan menjalani trip selama delapan hari dengen berbekal sebuah kamera, LIDaR dan radar di sekeliling tubuh sang mobil. Delphi berharap selama perjalanan ini sang mobil akan sanggup mengumpulkan data hingga hitungan Tera dengan tujuan mempercepat era mobil otonom mengaspal di pasaran.

Sukseskah? Nantikan kedatangan mobil ini di New York Auto Show pada 1 April 2015.