Kali pertama diproduksi tahun 1948, Land Rover Defender menjadi kendaraan lintas generasi. Membuat mobil dengan tubuh solid tersebut digemari kalangan tua muda.

Jaguar Land Rover (JLR), produsen mobil tersebut coba mengingatkan masa kecil penggemarnya dengan merilis pedal car yang cocok sebagai koleksi bahkan mainan sang buah hati.

Purna rupa pedal car Defender tersebut muncul pada gelaran Frankfurt Motor Show 2015 silam. Rencananya JLR akan memasarkan pedal car tersebut pada musim semi 2016.

land-rover-defender-pedal-car-003-1

Versi mini Defender tersebut bukan pedal car kacangan. Bodinya dibuat kokoh menggunakan material aluminium dengan panel-panel pelindung di bagian depan.

Ground clearance diatur agar pedal car tersebut nyaman dikayuh. Ban karetnya menggunakan tapak off-road untuk memaksimalkan cengkraman manakala melibas jalan tak beraspal.

Kenyamanan serta keamanan si kecil berpetualang dengan pedal car Defender ini akan ditopang oleh sistem suspensi dan pengereman yang berfungsi secara penuh.

land-rover-defender-pedal-car-011-1

Beda dengan bagian luar yang kaya fitur, bagian dalam pedal car ini lebih sederhana. Material plastik serta finil menyapa di ruang kemudi.

Namun uniknya, terdapat kulit yang bisa digunakan untuk melapisi bangku dan lingkar kemudi. Atau sebagai selubung bagasi saat si kecil berpura-pura bertugas mengantar kargo rahasia militer.

Walaupun pedal car tersebut tak dilengkapi surat-surat identifikasi kendaraan, JLR tetap menuliskan nomor rangka pada setiap unitnya. Termasuk plat nomor cantik sesuai pesanan.

land-rover-defender-pedal-car-013-1

Tak sabar ingin memilikinya? Pertimbangkan dulu banderolnya karena JLR hanya akan melepas pedal car menggemaskan ini dengan harga £10,000 atau mendekati Rp220 juta sesuai dengan nilai tukar sekarang.

JLR merilis pedal car tersebut sebagai kenangan-kenangan masa produksi Defender yang telah mencapai lebih dari enam dekade. Kabarnya, produsen otomotif asal Inggris tersebut akan mengakhiri napas Defender pada Februari 2016 setelah mengalami beberapa kali penundaan.