Mencuci motor menjadi langkah tepat untuk mengisi kegiatan selama masa PPKM yang terus menerus diperpanjang. Dalam kondisi seperti sekarang Kebersihan menjadi yang utama guna memutus mata rantai penyebaran virus.

Motor dalam kondisi kotor atau berdebu akan meninggalkan dampak negatif ketika terparkir di dalam garasi mulai dari karat hingga jamur yang akan mengendap pada bodi motor.

“Ada baiknya sebelum sepeda motor diparkir di garasi dibersihkan atau dicuci terlebih dahulu agar kotoran tidak menempel dalam waktu yang lama,” ungkap Oky Deni Saputro selaku Tecnical Trainer SCT Motodetailing.

Oky juga mengatakan dalam mencuci motor perlu menggunakan peralatan yang benar guna mendapatkan hasil maksimal. Seperti halnya pemilihan shampo, Anda bisa menggunakan SCT Blackseries terdiri dari Wash and Wax Shampoo 500ml yang dibanderol seharga Rp76.000, Liquid Wax 250ml yang dapat digunakan untuk mempertahankan kebersihan bodi dihargai Rp120.000, Tyre Shine 250ml Rp55.000, Engine Degreaser 250ml untuk membersihkan bagian mesin Rp120.000.

Selain itu ada juga Vinyl Restorer 250ml untuk mengembalikan warna dan mempertahankan keawetan material vinyl pada body seharga Rp150.000 serta kain lap Microfiber yang hanya dijual dengan harga sekitar Rp 30.000 saja.

angkah pencucian yan bisa anda lakukan dengan membersihkan bagian mesin dengan Engine Degreaser. Selanjutnya dapat diteruskan ke bagian roda dengan menggunakan Tyre Shine. Oky menambahkan pembersihan dilanjut dengan membersihkan bagian bodi dengan shampo dan dibilas secara langsung untuk meninggalkan flek.

“Selesai mencuci sepeda motor dan langsung keringkan. Namun disarankan untuk tidak menggunakan kanebo karena sisa kotoran atau butiran yang terisisa akan menyebabkan baret pada body sepeda motor. Sebaiknya keringkan sepeda motor menggunakan kain microfiber”, tambah Oky.

Agar hasil semakin maksimal, setelah kering dapat memoleskan Liquid Wax pada semua bodi, sedangkan untuk bagian material vinyl dapat menggunakan Vinyl Restorer yang membuat warna material vinyl sepeda motor kembali seperti baru. Cukup mudahkan dalam membersihkan motor di rumah.