Touring memang menjadi hobi yang paling mengasikan, pasalnya dengan melakukan touring Anda bisa mengenal lebih karakter teman, penduduk sekitar, wilayah yang kalian kunjungi dan pastinya bisa menikmati alam.

Memasuki bulan Oktober, November dan Desember diperkirakan memasuki musim penghujan. Jadi tidak ada salahnya untuk Anda melakukan perjalanan touring ke wilayah terdingin di Indonesia. Wilayah wilayah ini juga memiliki destinasi wisata yang beragam.

Sebelum mengetahui wilayah – wilayahnya ada baiknya Anda mempersiapkan waktu yang cukup dan kendaraan yang mempuni. Agar perjalanan akan terasa nikmat tanpa memikirkan beban kerjaan atau trouble.

Berikut destinasi wilayah dengan suhu terdingin:

1. Mulia Papua

Foto: Travelingyuk.com

Lokasinya berada di Papua bagian Barat, Kabupaten Puncak Jaya. Untuk mencapainya Anda bisa melalui jalur darat dan udara. Karena tujuannya touring jadi waktu tempuh yang akan kalian lalui berkisar 16 jam melewati jalur tanah dan bebatuan.

Jalur yang akan kalian lalui terbilang ekstrim karena jalur pegunungan yang kanan kirinya jurang. Namun seumua itu akan terbayat usai kalian tiba di pemikiman penduduk tertinggi di Indonesia lantaran berada di ketinggian 2.448 mdpl. Suhu dilokasi ini rata rata 9 derajat celcius.

2. Waghete, Deiyai, Papua

Foto: Imaji Papua

Sejak tahun 2017 jalur menuju pedalaman Papua sudah lebih baik dari sebelumnya. Dari yang awalnya waktu tempuh mencapai 5-6 hari dari kota Nabire, kini perjalanan darat hanya memakan waktu 6-8 jam saja.

Disepanjang jalan Anda bisa menemukan rest area dan keindahan alam tanah Papua yaitu Air terjun di KM 122. terlebih saat tiba di Waghete, Deiyai, Papua. Anda akan langsung melihat hamparan Danau tigi, Danau Purba dengan latar belakang pegunungan diketinggian 1.700mdpl. Suhu diwilayah ini mencapai 10 – 15 derajat celcius.

3. Berastagi, Karo, Sumatera Utara

Beranjak ke tanah Sumatera wilayah Berastagi, Karo amat sayang untuk kalian lewatkan saat berkunjung ke Medan. Berjarak 66km Anda akan langsung mendapatan pemandangan terindah di Sumatera Selatan, mulai dari pegunungan hingga danau Toba.

Jalan menuju lokasi ini sudah terbilang baik. Selain jalan aspal di beberapa lokasi Anda bisa menemukan tempat makan dan istirahat. Disepanjang perjalanan juga masih banyak petani – petani lokal yang menjajaran hasil kebun dengan harga yang sangat terjangkau.

4. Ruteng, Flores, NTT

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Kabupaten Manggarai, Flores Nusa Tenggara Timur. Ruteng memiliki potensi alam dan budaya yang menarik untuk kalian kunjungi. Jalur darat di wilayah ini terbilang mempuni untuk dilalui kendaraan motor, pasalnya transportasi angkutan umum sudah tersedia.

Lokasinya berada di ketinggian 1.200 mdpl dengan suhu mencapai 9 derajat celcius. tercatat ada 12 tempat wisata yang bisa Anda unjungi. Sementara sudah banyak tersedia tempat menginap.

5. Batu, Malang, Jawa Timur

Tentunya banyak dari Anda yang sudah menyambangi destinasi ini. Berada di ketinggian 700 – 1700mdpl kota Batu terbilang sejuk dengan suhu udara 19 – 12 derajat celcius.

Akses yang mudah membuat banyak dari pecinta touring berkunjung ke beberapa obyek wisata. Ditambah lagi penginapan yang bisa kkalian sesuaikan dengan budget perjalanan Anda.

Destinasi ini diambil dari referensi pesona Indonesi. Yang mana dalam kondisi seperti saat ini pariwisata lokal harus ditingkatkan dan tidak melupakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.