Di masa depan, mobil bertenaga listrik diramalkan akan menguasai jalanan di dunia. Selain jelas ramah lingkungan, motor elektrik pengganti motor pembakaran ini diklaim dapat menghasilkan tenaga lebih besar dengan dimensi yang terjangkau dan hemat tempat.

Tak hanya pabrikan mobil massal, beberapa pabrikan mobil super cepat pun kini kedapatan sedang merintis mobil kencang bertenaga listrik untuk dipasarkan di masa mendatang. Salah satunya McLaren.

Pabrikan asal Inggris ini akan merilis generasi penerus dari P1 yang dipersenjatai motor listrik yang mampu melesat hingga 322 Km/jam. Model yang disebut sebagai hypercar ultimate Series ini diklaim mampu berakselerasi lebih cepat dari model 675 LT dan lebih efisien.

“Awal perencanaan, proyek hypercar berkode Track 22 ini akan hadir pada 2023 mendatang. Namun seiring perkembangan ditargetkan dapat hadir kemungkinan sebelum akhir 2020,” ungkap seorang informan McLaren seperti diungkapkan Auto Express.

Ultimate Series tanpa emisi karbon ini juga diklaim mempunyai bobot lebih ringan dibandingkan dengan jajaran hypercar hybrid yang ada saat ini. Diperkirakan Ultimate Series ini akan hadir dengan baterai 324 sel lithium ion lansiran Johnson Matthey Battery System yang diletakkan dibelakang kabin. Dalam sekali pengisian penuh, McLaren listrik ini dapat digunakan sejauh 530 Km dalam penggunaan normal.

Sebagai perkiraan, McLaren P1 listrik akan dibanderol tak lebih dari £ 1 juta atau setara dengan Rp 18,7 miliar kurs saat ini.