Bukan hanya sekedar mainan yang dapat membangun kreativitas anak, Lego juga dapat memicu orang dewasa dalam mengkreasikan bentuk-bentuk fisik yang diinginkan. Seperti di Australia, 500 juta keping Lego berhasil disusun hingga membentuk sebuah Toyota Camry.

Tidak main-main, Toyota Camry yang dibangun dari 500 juta keping Lego tersebut punya ukuran yang actual atau dalam skala 1:1. Atas inisiasi dari Toyota Australia, Toyota Camry tersbeut akan dipamerkan di Melbourne Museum 21-29 April mendatang.

“Kami sangat antusias untuk memperkenalkan all-new Camry di tengah lingkungan menyenangkan serta atraktif di tengah-tengah warga Melbourne,” kata Chief Designer Toyota Australia Nicolas Hogios.

Seperti dilansir dari Motoring, adapun otak di balik penciptaan Camry Lego ialah Ryan McNaught. Pria berjuluk The Brickman ini merupakan satu dari hanya 14 perakit Lego besertifikasi di seluruh dunia. Ia juga satu-satunya seniman Lego besertifikat yang ada di region southern hemisphere.

Camry Lego berwarna merah itu butuh waktu pengerjaan lebih dari 900 jam, atau lebih dari delapan pekan. Ini 40 kali lebih lama dari perakitan satu mobil di pabrik, mulai dari pencetakan ke inspeksi akhir.

Bobot replika Camry tersebut hampir mencapai 2 ton. Ini artinya lebih berat 0,4 ton dibandingkan yang mobil aslinya. Ada berbagai hal menarik dari Camry Lego ini. Lampu depan, lampu sein serta lampu remnya berfungsi, selain itu ada logo ‘hybrid’ di bodi plus lambang Toyota di pelek alloinya.

Sebelum ini, Lego sudah bekerja sama dengan berbagai pabrikan untuk membuat replika mobil berskala 1:1. Di antaranya adalah kolaborasi dengan Ford untuk membuat Mustang juga dengan McLaren demi merakit 720S.